Menu

Ini Dia Obat Herbal untuk Atasi Asma

04 Maret 2021 11:45 WIB

Ilustrasi seorang wanita alami sesak napas. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, penderita asma menjadisalah satu yang dikhawatirkan bila terserang virus Covid-19. Namun asma bisa lho diobati dengan berbagai obat herbal ala rumahan.

Asma merupakan penyakit yang menyerang penarpasan. Orang yang menderita asma mengalami peradangan dan penyempitan saluran udara di paru-paru. Oleh karena itu, gejala asma yang sering muncul adalah sesak napas.

Penyakit asma merupakan penyakit umum yang banyak ditemukan di masyarakat baik pria maupun wanita. Ketika serangan asma datang, otot-otot saluran npas akan mengerut dan selaput lendir menghasilkan lendir yang berlebihan sehingga menghalangi napas.

Selain itu, penyakit asma bisa kambuh karena beberapa faktor. Biasanya faktor pemicu kambuhnya gejala asma adalah alergen seperti deby, spora, bulu hewan, udara dingin, infeksi dan stres dapat menjadi pemicunya.

Meskipun banyak diderita bayak orang tetapi cara penangananya pun gak begitu sulit. Asma bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan herbal.

Dilansir dari Boldsky (04/03/2021), berikut obat herbal yang dapat mengatasi asma.

Bawang Putih

Selain menjadi penguar rasa terhadap makanan, ternyata bawang putih bisa dijadikan obat herbal. Bawang putih mengandung senyawa aktif yang dapat membantu meyembuhkan dan menghilangkan gejala asma.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa memahami efek bawang putih pada serangan asma dan telah menegaskan bahwa bawang putih adalah salah satu obat yang paling bermanfaat.

Koi Hitam

Kopi dikenal dapat menimbulkan penyakit GERd atau asam lambung. Tetapi kopi bagus untuk menyembuhkan asma.

Penelitian mengungkapkan bahwa kopi hitam menjadi obat yang bagus untuk menyembuhkan asma. Hal ini dapat membantu dalam melelahkan pembentukan lendir di dada, sehingga menjaga sesak napas yang disebabkan oleh asma.

Mengonsumsi 2-3 kopi hitam dalam sehari dapat membantu menjaga peradangan dan mengi juga terkendali.

Kunyit

Kunyit dipercaya sebagai salah satu tumbuhan herbal yang memiliki banyak khasiat. Kunyit mulai digunakan sebagai ramuan alami untuk sesak napas dan mengi di cina selama bertahun-tahun.

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki manfaat sebagai sifat anti-inflamasi. Hal ini dapat membantu menjaga radang saluran pernapasan tetap kembali.

Beauty bisa menggunakan kumnyit dengan cara menvampurkan satu sendok tehk kumyit kedalam makanann atau minuman. Laukan secararutin agar hasil yang maksimal.

Jadi sudah tahu kan bagaimana penanganan asma melalui obat herbal? Jangan lupq untuk dikonsumsi ya!