Menu

Bayar Listrik Auto Sedikit Moms, Ini Lho Rahasia Hemat Menggunakan AC

25 April 2024 19:56 WIB

Air Conditioner (AC) (Sumber/Stock.Adobe)

HerStory, Jakarta —

Beauty, AC merupakan barang elektronik yang sangat penting saat ini, apalagi saat cuaca saat panas. AC bisa bikin rumah atau kamar kamu jadi sejuk tanpa harus merasa kegerahan.

Tapi memang AC sendiri memerlukan daya listrik yang besar sehingga Moms pun harus mengeluarkan banyak uang saat bayar listrik.

Meski begitu, Moms jangan khawatir, karena ada rahasia menggunakan AC agar tetap hemat dan pastinya adem terus menerus.

Mengutip dari buku 240 Seputar Tips Berhemat, berikut ini caranya.

1. Pilih AC sesuai ukuran

Saat ini banyak perusahaan elektronik yang menciptakan inovasi AC hemat energi yang disesuaikan dengan besarnya ruangan.

Maka dari itu, jika kamar Moms ukurannya hanya 4 meter x 5 meter dengan tinggi 3 meter, lalu ada perbedaan suhu yang tinggi antara siang dan malam, kamu bisa pilih AC dengan kapasitas 2PK.

2. Gunakan timer

Moms, kamu bisa memanfaatkan fitur timer agar AC hanya beroperasi saat dibutuhkan saja. Sementara saat tak dibutuhkan AC bisa auto dalam keadaan mati.

3. Pilih AC dengan EER

Tips lainnya agar hemat dalam menggunakan AC, yaitu dengan memilih AC yang memiliki nilai EER (Energy Eficiency Ratin) paling tinggi. Itu karena semakin tinggi nilai EER-nya, maka akan semakin hemat penggunanya listriknya.

Nah, nilai EER sendiri didapatkan dari pembagian antara kapasitas AC dan daya listrik AC.

4. Usahakan pintu dan jendela agar tertutup

Beauty, jika di kamar kamu menggunakan AC, maka sebaiknya gunakan penutup jendela yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu, kamu harus usahakan pintu, jendela, dan ventilasi udara selalu tertutup agar kelembapan udara cukup rendah.

5. Bersihkan Kondensor AC secara teratur

Moms, jangan mager, kamu sebaiknya panggil teknisi untuk rutin membersihkan filter AC, coil kondensor, dan sirip secara teratur. Selain itu, langsung ganti bagian tersebut jika rusak. Kamu harus melakukan perawatan AC secara berkala agar kualitas dinginnya tetap terjaga.

6. Jangan menghidupkan dan mematikan ac terlalu sering

Moms, jangan biasakan untuk sebentar-sebentar nyalakan AC, lalu dimatikan lagi. Jika hal itu dilakukan, maka energi listrik yang digunakan untuk mengangkatnya sangat besar. Selain itu, arus listriknya akan naik-turun sehingga mengakibatkan biaya listrik yang tinggi.

7. Simpan AC di tempat sejuk

Moms, ternyata pemilihan tempat untuk AC harus tepat, kamu harus menempatkannya jauh dari sinar matahari agar efek pendinginannya tak berkurang.

8. Jangan ngeset suhu terlalu dingin

Jika kamu terus-terusan ngeset suhu AC terlalu dingin. Kamu bisa set suhu rendah saat mulai menyalakan AC, tapi setelah ruangan cukup dingin kamu bisa menaikkan suhunya menjadi 24-25 derajat celcius.

9. Matikan AC saat ruangan kosong

Moms, jika kamu berencana pulang kampung atau pergi dalam waktu lama, jangan lupa untuk mematikan AC ya!