Menu

Waspada! Ini Gejala Kolestrol yang Sering Gak Disadari!

12 Maret 2021 12:05 WIB

Burnout (Pinterest / Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tahu gak si kalau kolesterol tuh sebenarnya dibutuhkan dalam tubuh? Tetapi ada juga lho kolesterol jahat yang dapat merusak tubuh.

Biasanya kolesterol jahat dapat menyebabkan gangguan dalam tubuh. Namun gejalanya pun ringan, jadi seringkali membuat penderita gak menyadarinya.

Pada umumnya, gejala kolesterol disebabkan oleh gaya hidup yang gak sehat. Mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung kolesterol tinggi sangat memicu tingkat kolesterol yang tinggi.

Biasanya orang yang memiliki kolesterol tinggi gak sadar dengan tanda-tanda yang ada didalamn dirinya. Kebanyakan jika sudah komplikasi yang menyebabkan jantung atau stroke baru diketahui kalau memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Untuk mencegah kadar kolesterol yang tinggi, kamu bisa menerapkan hidup sehat. Selain itu, agar gak memicu komplikasi kamu perlu tahu tanda-tanda memiliki penyakit kolestrol tinggi.

Dilansir dari berbagai sumber (12/03/2021), berikut tanda-tanda kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Sering Mengantuk

Kolesterol yang tinggi bisa menyumbat pembuluh darah. Oleh karena itu, penderitanya memiliki gejala sering mengantuk.

Sering mengantuk dikaitkan dengan asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak berkurang. Gak hanya itu, hal ini menyebabkan kamu mudah lelah. Jadi jika kamu sering ngantuk dan mudah lelah, bisa jadi kadar kolesterol dalam tubuhmu tinggi.

Tengkuk Terasa Pegal-Pegal

Banyak penyakit lain yang menimbulkan rasa pegal pada tengkuk. Namun jika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, rasa pegal-pegal pada tengkuk sering terjadi.

Hal ini dikarenakan adanya penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukkan plak akibat kolesterol tinggi dapat menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju ke otak.

Terjadi Xanthomata

Kolesterol timggi ditandi dengan xanthomata. Kondisi ini di mana terjadi penumpukkan kolesterol yang terlihat dalam jaringan tubuh, seperti urat. Hal ini bisa merupakan pembengkakan berbentuk bulat dan berwarna kuning

Terjadi Xanthelasma

Kolesterol tingii dalam darah dapat ditandai demgan xanthelasma. Hal ini bisa dilihat di bawah kelopak mata.

Orang yang mengalami kondisi xanthelasma terdala bercak-bercak kuning di bawah kelopak mata.

Nah jadi sudah tahu kan gejala atau tanda tanda kolesterol tinggi? Lebih peka dan kenali tubuh sendiri ya!