Menu

Moms, Ini 5 Alasan Mengapa Popok Kain Lebih Baik dari Popok Sekali Pakai

12 Maret 2021 16:00 WIB

Ilustrasi mengganti popok (Shutterstock)

HerStory, Bandung —

Popok adalah salah satu kebutuhan utama pada pakaian bayi. Untuk mencegah air seni dan kotoran bayi merembes keluar, penggunaan popok terutama yang sekali pakai sudah jamak ditemukan pada bayi.

Tetapi ternyata penggunaan popok bayi sekali pakai tersebut justru menimbulkan efek negatif pada bayi sehingga dianjurkan untuk menggunakan yang berbahan kain. Dilansir dari Boldsky (12/03/2021), ini lima alasan mengapa harus memilih popok kain untuk digunakan pada bayi.

1. Lebih murah

Popok kain pada bayi memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan popok sekali pakai. Moms cukup membeli popok kain ini sekali dan menggunakannya dalam waktu yang lama. Sedangkan popok sekali pakai harus segera dibuang ketika sudah digunakan.

2. Nggak memiliki ukuran

Berbeda dengan popok sekali pakai, popok kain tak memiliki ukuran dan dapat digunakan oleh bayi dengan segala ukuran dan usia. Popok kain ini tentu saja dapat digunakan dalam waktu yang lama mulai anak Moms berusia beberapa hari hingga sudah cukup besar. Selain itu popok ini juga dapat disimpan dan diwariskan ketika memiliki anak lagi.

3. Bisa dicuci

Popok kain dapat dicuci dengan mudah dan tak membutuhkan perlakuan khusus. Cukup bersihkan dari sisa kotoran atau air seni milik bayi hingga bersih baru kemudian cuci secara biasa seperti pada pakaian lain. Selanjutnya setelah dicuci maka popok bayi tersebut sudah siap untuk digunakan lagi.

4. Nggak menyebabkan masalah kulit

Salah satu masalah yang sering muncul dengan penggunaan popok sekali pakai adalah masalah ruam-ruam pada kulit bayi. Masalah ini muncul karena permukaan dari popok sekali pakai yang tidak memungkinkan bagi kulit bayi untuk bernapas dengan lega.

Selain itu, penggunaan bahan kimia pada popok sekali pakai juga menjadi salah satu penyebab bagi terjadinya hal tersebut. Pada penggunaan popok kain, hal ini tidak terjadi karena bahan kain yang lebih alami dan memiliki pori-pori cukup baik.

5. Memudahkan ketika melatih bayi buang air

Masalah yang sering dihadapi dengan penggunaan popok kain adalah merembes ketika bayi buang air. Namun justru masalah itu lah yang dapat membuat melatih anak untuk mengetahui kapan waktu buang air. Tentu saja hal ini dapat dilakukan ketika anak sudah memiliki usia yang cukup.