Menu

Pemula Wajib Paham! Ini Cara Pakai Retinol yang Benar Agar Efektif dan Cegah Iritasi, Jangan Sampai Salah Kaprah Ya Beauty!

26 Juni 2024 23:30 WIB

Ilustrasi menggunakan retinol. (Freepik/mishabeliy)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu baru pertama kali mencoba skincare dan ingin lanjut ke tahap berikutnya menggunakan retinol yang dikenal sebagai bahan alami yang lebih efektif dan bekerja cepat merawat kulit?

Jika iya, kamu gak usah takut lagi untuk mencobanya ya Beauty!

Seperti yang kita ketahui, manfaat retinol memang sangat baik untuk kecantikan kulit. Sayangnya, masih banyak orang ragu menggunakan bahan ini karena takut kulitnya menjadi kering, kemerahan, atau justru berjerawat.

Nah, itulah mengapa kamu harus memahami dulu cara memakai retinol yang benar ini agar tak salah kaprah! Penasaran gak sih gimana cara pakainya? Simak yuk!

Pilihlah produk dengan konsentrasi retinol terendah

Jika kamu masih baru pertama kali memakainya, ada baiknya kamu membeli produk berbahan retinol rendah. Disarankan konsentrasi yaitu 0,01% tujuannya adalah agar kulit kamu bisa beradaptasi dahulu dengan kandungan retinol dalam skincare yang digunakan.

Nah, jika sudah menggunakannya selama 2 minggu dan kulit tak menunjukkan gejala iritasi, kamu bisa lanjut deh menaikkan konsentrasi retinol secara bertahap menjadi 0,25%, lalu 0,5% pada 2 minggu berikutnya!

Perhatikan intensitas pakainya

Jika kamu adalah seorang pemula, jangan memakai retinol setiap hari ya! Cukup kamu gunakan 1–2 kali saja dalam seminggu. Nah, jika tak ada efek samping yang terjadi pada kulitmu, kamu bisa langsung menaikkannya menjadi lebih sering, yaitu 3–4 kali seminggu.

Gunakan pada malam hari

Agar lebih efektif, gunakan pada malam hari ya! Pasalnya, retinol sangat sensitif terhadap sinar matahri sehingga bisa menyebabkan iritasi.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, kamu perlu mengoleskan tabir surya dengan SPF minimal 30 ketika akan beraktivitas di luar ruangan. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya menggunakan topi yang bisa menghalau paparan sinar matahari langsung ke kulit wajah.

Nah, itu dia beberapa cara pemakaian retinol yang wajib diaplikasikan oleh pemula. Jangan sampai salah ya Beauty!