Menu

Agar Gak Mengalami Keputihan Tak Normal, Ini Tips untuk Mencegahnya!

15 Maret 2021 20:15 WIB

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, wajar saja kok kamu mengalami keputihan. Namun jika kamu mengalami keputihan dalam waktu yang cukup lama baru hal ini patut dipertanyakan.

Selain bisa diatasi, keputihan gak normal juga bisa dicegah lho. Oleh karena itu kamu gak perlu lagi khawatir dalam mengatasi masalah keputihan yang gak wajar.

Keputihan yang berlebih dan terus menurus merupakan tanda penyakit, apa lagi jika disetai dengan gejala-gejala tertentu. Hal ini harus segera ditangani.

Keputihan alias vaginal discharge merupakan cairan atau lendir yang keluar dari organ intim wanita. Keluarnya cairan ini sebenarnya terjadi karena proses pembersihan alami yang terjadi pada vagina.

Keputihan menyebabkan keluarnya lendir dari organ intim wanita. Lendir yang keluar bertugas membawa sel-sel mati dan kuman dari dalam tubuh. Proses ini merupakan cara pembersihan vagina. Namun jika keputihan terjadi secara berlebihan dan terus-menerus perlu diwaspadai.

Dilansir dari berbagai sumber (15/03/2021), berikut tips mencegah keputihan gak normal.

Menjaga Kebersihan Miss V

Salah satu hal yang paling sederhana untuk mencegah keputihan gak normal adalah menjaga kebersihan area Miss V. Kamu bisa membersibkannya dengan menggunakan air bersih setelah buang air kecil atau buang air besar.

Selain itu, kamu perlu mengeringkan Miss V dengan bersih. Gunakan tissue atau lap yang lembut untuk mengeringkannya.

Jangan Disemprot

Beauty, ternyata membersihkan area Miss V dengan disemprot dapat memicu munculnya keputihan gak wajar. Oleh karena itu kamu bisa membersihkannya dengan menyiramnya secara lembut.

Membersihkan area Miss V dengan menyemprotnya bisa menghilangkan bakteri baik yang melindungu vagina. Alhasil, keseimbangan bakteri di Miss V menjadi gak seimbang sehingga berisiko munculnya keputihan.

Gunakan Pakaian Dalam yang Tepat

Pakaian dalam juga mempengaharui kesehatan Miss V lho. Pakaian dalam yang terlalu ketat, membuat area Miss V menjadi panas dan bisa menyebabkan keputihan.

Kamu bisa mulai menggunakan celana dalam berbahan katun. Hal ini sangat berpengaruh dalam menjaga kelembapan Miss V.

Seks Sehat

Melakukan seks sehat bisa mengurangi keputihan yang gak sehat. Selain itu, melindungi kamu dari penyakit seksual lainnya. Oleh karena itu sangat dilarang untuk bergonta-ganti pasangan seks.

Umumnya mencegah keputihan gak normal hampir sama dengan menjaga kesehatan Miss V. Dengan begitu, kamu pun juga bisa terhindar dari penyakit seksual atau penyakit kelamin.