Inacraft (istimewa)
Kabar bahagia bagi Beauty yang suka berbelanja craft dan fashion, sesuatu yang unik, indah dan tentunya produk lokal. Pasalnya, INACRAFT on October Vol.3 diselenggarakan selama 5 hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan menggunakan seluruh hall.
Pada Edisi Ketiga ini, INACRAFT on October mengusung konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya dengan memberikan wadah dan kesempatan.
Salah satu bentuk upaya INACRAFT adalah turut berpartisipasi dalam kampanye “Beli Lokal” kolaborasi antara Tokopedia, ShopTokopedia, dan Pemerintah untuk memberikan panggung bagi para pelaku UMKM dalam mendorong produk lokal jadi pilihan utama masyarakat Indonesia.
Beda dengan INACRAFT sebelumnya, kali ini ASEPHI melakukan kurasi peserta pameran lebih ketat melalui pembagian zona berdasarkan jenis produk (zoning product). Tujuannya untuk memudahkan pembeli/buyers dalam mencari produk-produk berkualitas di area pameran.
Terdapat 8 Zoning Area, mulai dari area Main Lobby jadi pusat area ikon INACRAFT on October Vol.3 yaitu Youthpreneur & Craft, serta beberapa homedecor dan houseware. Dan di Assembly Hall akan dipadati oleh perhiasan dan aksesoris, beranjak ke Cendrawasih Hall yang menyajikanberagam kain seperti tenun, ikat, songket, dan kombinasi dari beberapa kain lainnya.
Sedangkan di Hall A & Promenade dipenuhi berbagai macam batik dari seluruh nusantara, beda dengan Lobby Hall A yang diisi berbagai produk dan fasilitas dari para sponsor yang ikut berpartisipasi. Beralih ke Hall B dan Lobby Hall B pengunjung akan menemui berbagai jenis kombinasi produk, seperti batik, tas, dan kebaya.
Pada Plenary dan Connecting Plenary akan menyajikan miscellaneous craft, seperti gifts products, homeliving, serta decorative items. Tak ketinggalan pula pada hall ini, terdapat area Main Stage yang merupakan pusat acara INACRAFT on October Vol.3. Pada area terakhir khusus F&B, terdapat Talam yangakan menyuguhkan beragam makanan & minuman dengan sentuhan cita rasa Indonesia akan berlokasi di Mezzanine dan Hall B.
Selain itu, INACRAFT juga menghadirkan berbagai kegiatan pendukung (Insight Program), dirancang secara khusus untuk Gen-Z yang ingin mendalami dunia kerajinan dan seni budaya, sekaligus memperluas peluang bisnis dan jaringan pasar.
Pada tahun ini, terdapat beberapa Insight Program, diantaranya adalah INACRAFT Model Hunt (Kids & Teenagers), Young Fashion Design Competition, Fashion Show, Youthpreneurs (Main Lobby Icon), Cultural Performances, serta Craft Talks & Workshop, serta INACRAFT Appreciation Night.
INACRAFT Appreciation Night akan memberian penghargaan kepada para perajin/artisan pendatang baru (termasuk non-anggota ASEPHI) untuk memperkenalkan karyanya yang memiliki potensi pasar menjanjikan di masa depan, serta menjadi inspirasi bagi pengusaha muda pelaku kreatif untuk keberlangsungan tradisi dan budaya Indonesia di industri kerajinan.
Terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan pada INACRAFT kali ini seperti INACRAFT Emerging & Youthpreneurs, Best Model Hunt (Kids & Teenagers), Best Young Fashion Design Competition, Best Booth (Individu & Dinas/UMKM), Delicious Talam, dan penghargaan khusus Apresiasi Penjualan Komitmen (APK) Award kepada BPD/BPC ASEPHI terbaik.
Secara teknis, INACRAFT on October akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 23.000 m2 dengan total peserta keseluruhan 897 stand. Total peserta Individu/Anggota ASEPHI sebanyak 784 peserta, sementara untuk peserta Dinas sebanyak 80 stand, Kementerian/BUMN sebanyak 27 stand, dan peserta dari Luar Negeri sebanyak 6 stand.
Terdapat juga 1 ikon dengan 20 island yang diisi oleh Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI) & Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Direktorat Jendral Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) Kemendag, PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Pertamina, dan lainnya.
Selain itu, terdapat peserta Non Anggota sebanyak 96 peserta dan Talam INACRAFT sebanyak 71 peserta. Mempertimbangkan situasi ekonomi nasional dan dunia saat ini, panitia tetap optimis dan menargetkan 100.000 pengunjung dan buyer dari luar negeri sebanyak 500 visitors, serta menetapkan target transaksi retail sebesar 100 milyar rupiah dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 1,2 juta.