Menu

Waspada! Ini Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

17 Maret 2021 08:45 WIB

Pizza. (Unsplash/Ivan Torres)

HerStory, Jakarta —

Pada umumnya penyakit kolesterol tinggi disebabkan oleh pola hidup yang gak sehat. Salah satunya mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Menurut ilmiah kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh tubuh. Kadar kolesterol yang normal dalam tubuh memiliki berbagai macam fungsi diantaranya membuat hormon seks, hormon korteks, adrenal, viamin D, dan membuat garam empedu.

Normalnya kadar kolesterol dalam tubuh gak lebih dari 200 mg/dl. Orang yang menderita kolesterol tinggi biasanya lebih dari itu. Jumlah kadar kolesterol yang melebihi batas normal dapat terjadi penumpukkan sehingga muncul gejala-gejala yang menganggu aktivitas.

Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan adanya penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah hingga penyumbatan serta pemblokiran aliran darah.

Akibatnya, jumlah suplai darah ke jantung berkurang sehingga terjadi nyeri di dada atau agngina dan bisa menjurus ke serangan jantung. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Dilansir dari berbagi sumber (17/03/2021), berikut jenis makanan yang mengendung kolesterol tinggi.

Hati Sapi

Salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah hati sapi. Dalam 100 gram bahan hati sapi mengandung 494 mg kolesterol. Hal ini merupakan 164 i jumlah kebutuhan kolesterol harian bagi orang dewasa.

Gak hanya hati sapi, sebagaian bersar organ dalam atau jeroan hewan lainnya mengandung kolesterol tinggi. Adapun bagian dalam hewan yang mengandung kolesterol tinggi diantaranya jantung, usus, babat, otak dan lainnya.

Udang

Udang adalah salah satu menu makanan yang paling banyak digemari. Namun udang memliki kandungan kolesterol yang tinggi. Dalam 100 gram udang, dapatterkandung 252 kolesterol yang merupakan 84i jumlah kolesterol harian.

Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi udang bukan menghindarinya ya! Selain mengandung kolesterol yang tinggi, udang juga mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang tinggi.

Chocolate Mousse

Cohocolate Mousse menjadi salah satu menu hidangan penutup di berbagai restoran. Rasanya yang manis membuatnya menjadi hidangan favorit dari banyak orang.

Mengonsumsi Cohocolate Mousse perlu dibatasi karena mengandung kolesterol dan gula yang tinggi. Dalam ½ cup atau 200 gram Cohocolate Mousse mengandung 283 mg kolesterol atau 94i jumlah kolesterol harian.

Makanan Siap Saji

Makanan siap saji menjadi penyumbang kolesterol tertinggi. Makanan siap saji seperti hamburger, hot dog, dan pizza dapat mengandung 465 mg kolesterol per sajian. Hal ini merupakan 155i jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan makanan apa saja yang mengandung kolesterol tinggi? Jika ada salah satu makanan kesukaan kamu, kamu masih bisa mengonsumsinya kok, tetapi dalam batas yang normal.