Menu

Busui Kolesterolnya Tinggi? Konsumsi Makanan Ini Yuk untuk Menurunkannya!

18 Maret 2021 10:00 WIB

Ilustrasi ibu menyusui (Tiktak.id/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol naik ketika sedang menyusui? Jangan langsung minum obat ya Moms! Turunkan dengan berbagai macam makanan ini.

Wanita yang memiliki kolesterol tinggi sebelum hamil dan menyusui berisiko kadar kolesterolnya tinggi ketika menyusui. Pasalnya, kolesterol akan meningkat ketika menyusui karena membantu menyediakan nurtrsi untuk bayi.

Oleh karena itu, Moms harus menjaga kadar kolesterol sebelum hamil dan menyusui. Jika kadar kolesterol tinggi melebihi batas normal, hal ini juga gak baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

Kadar koelesterol yang naik ketika menyusui, kadang membuat ibu panik. Moms gak usah khawatir lagi sebab Moms bisa menurunkannya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat.

Macam-macam makanan sehat ini gak hanya menurunkan kolesterol, tetapi bagus bagi kesehatan ibu. Jadi, kadar kolesterol Moms dapat menurun tanpa takut kualitas ASI memburuk.

Dilansir dari berbagai sumber (18/03/2021), berikut makanan yang dapat dikonsumsi ibu menyusui ketika kadar kolesterolnya tinggi.

Salmon

Selain memiliki rasa yang unik, salmon kaya akan nutrisi. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak sehat berguna untuk mengurangi tekanan darah.

Memgonsumsi salmon bisa meningkatkan lemak baik (HDL) dalam tubuh. Satu lemak HDL dapat meningkatkan dua lemak LDL, sehingga dapat menurunkan lemak jahat. Inilah mengapa salmon menjadi makanan penurun kolesterol yabg alami.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung serat dan lemak baik. Selain itu, alpukat juga dapat mengikat lemak jahat. Sehingga baik untuk menurunkan kolesterol.

Peneltian Journal of the American Heart Association menunjukkan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi bisa menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak ketika mengonsumsi avokad setiap hari.

Bawang Putih

Salah satu rempah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah bawang putih. Bawang putih mengandung allicin yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Oatmeal

Selain bagus untuk diet, oat meal juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol secara alami. Hal ini disebabkan karena oatmal mengandung tinggi beta-glukan yaitu serat larut yang lembut dan lengket untuk menyerap air.

Serat larut memilimi banyak peran dalam sistem pencernaan tubuh. Serat larut dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dengan membentuk lapisan lengket di usus kecil yang menghalangi kolesterol memasuki aliran darah Moms.

Jadi sudah tahu kan Moms makanan yang dapat menurunkan kolesterol secara alami? Konsumsi secara rutin ya!