Ilustrasi belanja online (Sumber: Freepik)
Beauty, menurut data dari Tokopedia dan ShopTokopedia, kategori kecantikan dan perawatan tubuh, makanan dan minuman, rumah tangga dan elektronik merupakan kategori paling laris.
Nah, Beauty hal ini bisa jadi peluang untuk kamu yang punya jiwa-jiwa usaha. Kamu bisa coba jalankan usaha di sektor kuliner, kecantikan, perawatan tubuh, fesyen hingga elektronik.
Tokopedia pun merilis barang-barang paling banyak dijual di Tokopedia yang bisa jadi ide usaha, cusss simak berikut ini.
Menurut data IKMA Kemenperin, rupanya pasar kosmetik di Indonesia saat ini sangat berkembang dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2028.
Di Tokopedia, sejumlah produk pada kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan pencarian yang signifikan belakangan ini (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan dengan 1 September-10 November 2023), beberapa produk antara lain blush yang meningkat hampir 15 kali lipat, lip cream lebih dari 14,5 kali lipat, dan sabun cuci tangan hampir 11 kali lipat. Sementara itu, di ShopTokopedia, foundation serta maskara yang tahan air mengalami kenaikan penjualan yang signifikan selama periode 2 bulan ke belakang.
“Melihat data tersebut, pelaku usaha yang ingin mulai berjualan bisa mencoba menjual produk makeup anti air (waterproof), seperti blush, lip cream dan maskara, yang awet di musim hujan. UMKM bisa memanfaatkan fitur Live Streaming di ShopTokopedia agar bisa menarik lebih banyak calon pembeli dengan mengandalkan host yang interaktif,” tutur Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz dikutip dari keterangan resmi.
Saat ini sudah memasuki musim hujan, emang paling enak untuk konsumsi makanan berkuah seperti bakso, seblak, dan tekwan yang bisa hangat. Hal itu bisa jadi ide jualan, lho Beauty. Tidak hanya itu, minuman panas seperti teh, cokelat hingga kopi juga lagi digandrungi masyarakat selama tiga bulan belakangan ini.
“Di Tokopedia, jumlah pencarian beberapa produk pada kategori makanan dan minuman mengalami peningkatan selama 2 bulan ke belakang (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023). Sebagai contoh, jumlah pencarian daun teh meningkat hampir 20 kali lipat, minuman cokelat lebih dari 16,5 kali lipat, dan biji kopi hampir 14 kali lipat,” tutur Rizky.
Beauty, tahukah kamu jika salah satu kategori paling laku di Tokopedia adalah fesyen, salah satunya cardigan. Apalagi saat ini musim hujan, cardigan bisa menghangatkan tubuh tapi tetap stylish.
“Cardigan yang menghangatkan tubuh di musim hujan sekaligus menunjang penampilan bisa menjadi ide jualan online jelang akhir tahun. Selain itu, jilbab olahraga yang kerap dicari masyarakat belakangan ini juga bisa menjadi ide jualan online yang cocok bagi UMKM produsen fesyen muslim yang ingin melakukan inovasi produk,” ujar Rizky.
Momen Natal dan Tahun Baru biasanya menjadi momen bagi masyarakat Indonesia untuk menata ulang rumah, seperti mengganti perabot dan membeli berbagai perlengkapan rumah tangga. Hal ini bisa menjadi ide jualan jelang akhir tahun Beauty.
Barang elektronik bisa menjadi pilihan tepat untuk berjualan menjelang akhir tahun. Menurut riset Consumer Report Indonesia 2024, masyarakat Indonesia baik dari kalangan muda maupun lanjut usia, cenderung mempertimbangkan untuk membeli produk elektronik, seperti smartphone, laptop, dan smartwatch. Hal ini dipengaruhi oleh kecenderungan untuk ingin tetap mengikuti perkembangan teknologi yang selaras dengan gaya hidup modern.
“Keinginan masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan produk elektronik juga tercermin dalam data internal kami. Di Tokopedia, sejumlah produk kategori Elektronik menunjukkan peningkatan pencarian yang signifikan selama 2 bulan terakhir (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023). Misalnya, pencarian produk smartwatch meningkat hampir 5 kali lipat, pencarian lampu meja naik lebih dari 11 kali lipat, dan self ringlight meningkat lebih dari 5 kali lipat,” jelas Rizky.