Menu

Tokopedia dan ShopTokopedia Spill Rekap Kolaborasi di Tahun 2024, Berapa Sih Transaksi di Harbolnas Kemarin?

25 Desember 2024 23:58 WIB

Tokopedia dan ShopTokopedia Bagikan Rekap Kolaborasi di Tahun 2024 (Herstory/Azka Elfriza)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang diketahui kalau TikTok, Tokopedia, dan ShopTokopedia sudah satu tahun menjalani kemitraan. Untuk itu, mereka ingin kolaborasinya terus berlanjut hingga bisa membawa dampak yang sangat positif kepada banyak masyarakat.

Sebagai platform berbagi video singkat terdepan, 125 juta pengguna di Indonesia datang ke TikTok setiap bulan untuk mencari hiburan dan inspirasi dari beragam konten yang dibagikan para kreator. Banyak juga pengguna yang menemukan inspirasi produk dari para penjual yang mempromosikan produk mereka, baik melalui video singkat maupun siaran langsung yang interaktif. 

Sebagai Communications Director TikTok Indonesia, Anggini Setiawan menjelaskan dengan adanya penemuan TikTok itu bisa memungkinkan para pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia, bahkan para kreator untuk tak hanya terhibur tapi juga menemukan konten soal produk yang mereka butuhkan.

"Masyarakat dapat mengakses berbagai sajian konten dari para kreator dan penjual, mulai dari unboxing, tutorial, hingga cara pakai, yang bisa menginspirasi pembelian produk kebutuhan dari jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia. Per Desember 2023, ada lebih dari 8 juta kreator yang menerima penghasilan dari TikTok. Selain itu, 60 persen konten promosi (video pendek dan LIVE) di TikTok digunakan untuk mendukung produk lokal di ShopTokopedia," ujarnya dalam keterangan resmi.

Tentu saja TikTok juga ingin memberdayakan komunitas pengguna dan para penjual di Tokopedia. Maka dari itu, dihadirkanlah berbagai kesempatan kolaborasi atau peluang commerce, kampanye, dukungan akun dan fitur, serta program pemberdayaan, seperti #MajuBarengTikTok dan Jalin Nusantara.

Transaksi di Harbolnas 12.12

Karena menyuguhkan kemudahan berbelanja, Tokopedia dan ShopTokopedia memungkinkan penggunanya untuk menemukan produk sesuai kebutuhannya dengan sangat mudah. Karena pengalaman itu, momen seperti kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang di setiap tanggal kembar pun jadi sangat ditunggu-tunggu.

Siapa sangka, di tahun ini Promo Guncang 12.12 berhasil meraup nilai transaksi yang meningkat hingga 50 kali lipat dibandingkan hari biasa lho di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok pada jam pertamanya lho!

Nah, terkuak bahwa produk yang banyak diminati alias paling laris di Tokopedia adalah Kecantikan dan Perawatan Diri, Handphone dan Elektronik, serta Fashion Pria.

Sedangkan di ShopTokopedia adalah Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion Wanita, dan Fashion Muslim.

Meskipun memiliki keunggulan masing-masing, keduanya jadi saling melengkapi dan bisa membawa dampak positif untuk masyarakat terutama mereka yang sudah mengetahui apa yang mereka butuhkan.

Namun, tentu saja di ShopTokopedia kebiasaan belanja para penggunanya berbeda di mana mereka cenderung mengonsumsi konten video di TikTok terlebih dahulu, sebelum akhirnya terinspirasi membeli produk dari penjual di ShopTokopedia.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan