Menu

Dorong Diplomasi Budaya Lewat 'Powerful Indonesia to The World' Jadi Inisiatif The Apurva Kempinski untuk Pamerkan Keunikan Indonesia

07 Februari 2025 21:40 WIB

The Apurva Kempinski (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

The Apurva Kempinski Bali menyuguhkan gerakan "Powerful Indonesia to The World" yang merupakan sebuah inisiatif untuk mempromosikan budaya Indonesia secara global. Gak cuma itu saja, gerakan ini juga menjadi alat untuk diplomasi budaya.

Diketahui bahwa kampanye ini berlangsung mulai sejak Januari setiap tahunnya dengan menggunakan pendekatan komprehensif yang menggabungkan seni, kuliner, dan keanekaragaman hayati dalam satu narasi yang kuat.

Thaddaeus Weiss selaku Hotel Manager Apurva Kempinski Bali menjelaskan bahwa gerakan ini bukanlah hanya sekedar kampanye pariwisata tapi juga untuk mewujudkan cerita yang berbeda.

"Mewujudkan hal ini adalah cerita yang berbeda. Bagaimana kita bisa menyatukan semua orang dalam pola pikir budaya dan menjadi tim yang menceritakan kisah tentang Indonesia?," paparnya pada konferensi pers yang dihelat pada Senin (03/02/2025).

Diketahui ada empat pilar yang diusung oleh Apurva Kempinski untuk menjadi pilar strategis yang menjadi dasar utama dalam menjalankan gerakan ini, yaitu Wellness, Dining Excellence, Culture, dan Biodiversity lho Beauty!

Nah, dengan adanya pekatan holistik ini, setiap pilar akan membawa elemen khas Indonesia ke dalam pengalaman yang bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Manfaatkan Kuliner Sebagai Medium

Diketahui pilar utama yang digunakan dalam gerakan ini adalah Dining Excellence yang memanfaatkan kuliner sebagai medium diplomasi budaya.

Revina Chandra selaku Asisten Direktur Pemasaran & Komunikasi Apurva Kempinski Bali menekankan bahwa setiap hidangan memiliki cerita yang menghubungkan Indonesia dengan dunia.

“Makanan dan minuman adalah media untuk bercerita. Setiap hidangan dan minuman akan menyampaikan kisah dengan sentuhan khas Indonesia, namun tetap sesuai dengan pasar global,” katanya.

Dalam rangkaian kampanye ini, Apurva Kempinski Bali akan menyajikan hidangan khas dari enam wilayah utama Indonesia, yaitu Sumatera, Nusa Tenggara, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Menu yang dihadirkan tak hanya mencerminkan keunikan kuliner Nusantara tetapi juga menjadi simbol keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.

Bawa Indonesia ke Kancah Dunia

Yoann Mathy selaku Executive Chef Apurva Kempinski Bali mengatakan bahwa setiap hidangan yang disajikan dalam gerakan ini memang dirancang untuk menonjolkan ciri khas dan keunikan budaya masing-masing daerah di Indonesia agar tak hanya dikenal tapi juga dihargai oleh dunia internasional.

“Kami mengangkat enam wilayah Indonesia dalam kampanye ini: Sumatera, Nusa Tenggara, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” kata Mathy.

Dengan langkah ini, Apurva Kempinski Bali tak hanya mengukuhkan dirinya sebagai destinasi wisata premium, tetapi juga sebagai platform yang membawa diplomasi budaya Indonesia ke panggung global.

Artikel Pilihan