Menu

Miss V Sering Kering? Kenali 7 Penyebabnya Yuk Beauty!

23 Maret 2021 11:45 WIB

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Bagi wanita, kesehatan payudara dan miss v menjadi perhatian mereka secara penuh. Sebab kedua organ ini merupakan organ yang penting dan bahkan dianggap aset bagi wanita.

Selain payudara, kesehatan miss v pun harus dijaga. Kondisinya yang jarang terjamah dan penuh dengan bagian tersembunyi, seringkali menyimpan bakteri yang bisa merusak kesehatan miss v. Salah satu gangguan kesehatan yang sering muncul adalah keringnya miss v.

Miss v normalnya selalu lembap yang menandakan kesehatan hormonmu baik-baik saja. Namun jika miss v kering, bisa jadi ada beberapa masalah yang sedang terjadi seperti penjelasan yang dikutip dari berbagai sumber, (23/03/2021) berikut ini.

Masalah ovulasi

Ketika seorang wanita berovulasi, maka miss v akan lembap dan ada sekresi lendir. Namun jika miss v kering, maka hal ini menunjukkan bahwa kamu tak berovulasi.

Penggunaan sabun antiseptik

Bagi kamu yang membersihkan miss v dengan sabun, mungkin kamu berpendapat bahwa hal ini bisa membersihkan organ intim secara menyeluruh. Namun penggunaan sabun terutama sabun antiseptik bisa membuat miss v jadi kering.

Masalah tiroid

Saat kamu mengalami masalah dengan tiroid, maka dorongan atau hasrat seksual juga menurun. Kemudian diikuti dengan mengeringnya miss v dan gejala lain seperti rambut rontok, mudah marah, kulit kering, hingga masalah berat badan.

Stres

Ketika kamu stres, maka terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuhmu. Hal ini akan membuat miss v jadi kering. Stres juga akan menyebabkan sekresi hormon stres yaitu hormon kortisol yang bisa membuat miss v kering.

Rendahnya tingkat estrogen

Saan kamu mengalami ketidakseimbangan hormon dan membuat tingkat estrogen menurun, maka hal ini bisa menyebabkan miss v kering. Biasanya rendahnya tingkat estrogen ini terjadi saat kamu akan mengalami menopause.

Hamil dan melahirkan

Dua fase yang umum dialami oleh wanita ini bisa membuat miss v jadi kering. Penyebabnya karena gangguan ketidakseimbangan hormon.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi jenis obat tertentu seperti anti histamin yang diresepkan untuk mengobati asma bisa membuat vagina kering. Hal ini terjadi karena obat tersebut akan menghentikan sekresi lendir.