PT KAI hadirkan wahana di KidZania Jakarta: istimewa
PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi membuka wahana edukatif bertajuk “Central Station KidZania Jakarta”, yang secara khusus mengenalkan empat profesi penting di dunia perkeretaapian kepada anak-anak usia 4 hingga 16 tahun.
Dengan adanya langkah ini, komitmen KAI untuk menanamkan nilai kerja, tanggung jawab, dan cita-cita sejak dini melalui permainan edukatif semakin dipertegas.
Wahana yang dirancang menyerupai Stasiun Gambir dalam skala anak-anak ini memungkinkan pengunjung mencoba langsung peran sebagai Masinis, Kondektur, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), dan Prama/Prami.
Di wahana ini, anak-anak akan mendapatkan penjelasan tugas masing-masing profesi sebelum menjalani simulasi interaktif selama 25 menit. Di akhir sesi, mereka akan menerima gaji dalam bentuk 20 KidZos, mata uang resmi di KidZania.
EVP of Passenger Transport & Marketing PT KAI, Krisna Arianto, mengatakan, “Sebagai penyelenggara jasa angkutan kereta api penumpang dan barang di Indonesia memahami pentingnya pengalaman bermain sambil belajar yang tak terlupakan bagi anak-anak. Kami bangga mempersembahkan wahana terbaru PT KAI Central Station KidZania Jakarta. Melalui kolaborasi ini, PT KAI bersama KidZania memberikan kombinasi yang sempurna antara hiburan dan pembelajaran kepada para pengunjung, sekaligus memenuhi impian dan kegembiraan anak-anak dalam mewujudkan cita-cita mereka seperti, menjadi Masinis, Kondektur, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA), Prama/Prami atau menjelajahi karir di industri perkeretaapian sembari menikmati momen berharga mereka dalam perjalanan mereka. Kami yakin ini akan menjadi pengalaman edukasi dan rekreasi mereka yang tidak terlupakan bersama PT KAI dan KidZania Jakarta.”
Di KidZania, anak-anak juga diperkenalkan dengan aplikasi Access by KAI untuk simulasi pemesanan tiket secara online.
Fitur ini dinilai sebagai upaya edukasi digital sekaligus memperkenalkan cara kerja pemesanan tiket kereta api secara praktis.
“Sejalan dengan komitmen PT KAI memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi para konsumen, wahana PT KAI Central Station KidZania Jakarta memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk merasakan sensasi memesan tiket kereta api secara online lewat aplikasi ‘Access By KAI’. Melalui pengalaman ini, anak-anak akan memperoleh pengalaman dan edukasi proses pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi dengan mudah dan praktis. Serta kami berharap anak-anak tidak hanya bermain saja, tetapi juga memahami pentingnya peran transportasi publik, keselamatan perjalanan, dan kedisiplinan dalam operasional kereta api,” ujar Krisna Arianto.
Direktur Operasional KidZania Jakarta, Lindung Artha Marhendra, menyambut baik kolaborasi ini. “Kami menyambut baik kerjasama PT KAI dan KidZania Jakarta melalui wahana PT KAI Central Station KidZania Jakarta. Hadirnya wahana ini menambah warna baru dan kecerian untuk anak-anak dalam mencoba berbagai profesi baru di KidZania terutama untuk mengenal dunia perkeretaapian, yang diharapkan menjadi modal mereka kelak dalam meraih cita-citanya.”
Melalui inisiatif ini, PT KAI tak hanya memperluas pendekatan edukatifnya kepada publik, tetapi juga memperkenalkan dunia kerja profesional kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna.