Menu

5 Manfaat Menyusui, Salah Satunya Dapat Cegah Bayi Meninggal Mendadak!

29 Maret 2021 12:45 WIB

Ilustrasi ibu menyusui (Tiktak.id/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, pasti selalu menunggu-nunggu momen menyusui si kecil ya? Menyusui memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi, salah satunya mencegah bayi meninggal mendadak.

Momen menyusui adlaah momen penting dalam kehidupan ibu. Menyusui bisa dilakukan setelah bayi lahir hingga si kecil berusia 2 tahun. Menyusui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan juga si kecil.

Menyusui adalah di mana ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayi. ASI merupakan asupan nutrisi utama bagi bayi. Oleh karena itu, dalam fase menyusui Moms perlu mejaga asupan dan nutrisi yang dikonsumsi.

Dilansir dari berbagai sumber (29/03/2021), berikut manfaat ASI bagi bayi dan ibu.

Mencegah Bayi Meninggal Mendadak

Banyak penelitian menunjukan bahwa bayi yang diberi ASI berisiko lebih rendah meninggal karena sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Gak hanya itu, pemberian ASI juga berpengaruh pada bayi ketika imunisasi. Bayi yang diberi ASI cenderung lebih rendah mengalami demam setelah imunasi, daripada bayi yang gak diberi ASI.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Beberapa studi menunjukkan bahwa terdapat kolerasi antara pemberian ASI dan perkembangan kognitif anak. Anak-anak yang diberi ASI eksklusif ketika bayi cenderung memiliki tingkat kecerdasan atau IQ yang lebih tinggi, dibandingkan dengan anak yang gak disusui.

Selain ASI, tingkat kecerdasan otak anak dipengharuhi oleh beberapa hal. Adapun faktor penyebabnya yaitu pola asuh dan lingkungan keluarga.

Melancarkan Pencernaan

ASI merupakan perfect food karena mengandung nutrisi yang mudah dicerna oleh bayi. ASI mengandung protein, laktosa, dan lemak.

Pemberian ASI baik untuk mencegah gangguan pencernaan pada bayi seperti konstipasi dan diare. Manfaat ASI sangat penting bagi bayi yang terlahir prematur sebab bisa melacarkan sistem pencernannya.

Mengurangi Stres

Ternyata menyusui dapat mengurangi stres yang dialami oleh ibu pasca melahirkan. Menyusui dapat membuat Moms merasa lebih rileks dan tenang sebab adanya pelepasan hormon oksitosin dalam tebuh. Hal inilah yang membuat stres berkurang.

Menurunkan Berat Badan

Moms, gak perlu takut gemuk atau diet berlebihan ketika sedang menyusui. Hal ini dikarenakan menyusui dapat membuat rahim kembali keukuran semula dan membakar kalori. Oleh karena itu, menyusui dapat menurunkan berat badan dan mecegah obesitas.

Moms, jadi sudah gak ragu lagi kan dalam menyusui si kecil? Meskipun melelahkan, menyusui mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan ibu dan si kecil.