Menu

Bumil Perlu Waspada! Ini Efek Samping Konsumsi Teh berlebihan saat Hamil, Enggak Baik Buat Janin!

30 Maret 2021 09:15 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang sedang minum teh (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms sudah tahu belum kalau konsumsi teh berlebihan ketika hamil berbahaya bagi janin dan ibu?

Segala seuatu yang berlebihan pasti mempunyai efek sampingnya, termasuk jika bumil mengonsumsi teh secara berlebihan. Ternyata minuman yang populer ini mempunyai efek samping yang berbahaya bagi janin dan bumil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Teh gak hanya sekadar minuman, teh merupakan salah satu jenis jamuan yang menjadi tradisi di beberapa negara di dunia. Teh sering dijadikan sebagai minuman penyambung lidah karena bisa dijadikan sebagai teman ngobrol.

Tetapi kandungan kafein dalam teh berbahaya bagi ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil gak boleh mengonsumsi teh secara berlebihan.

Sebenarnya kafein dianggap aman dikonsumsi saat hamil, namun Moms harus mengonsumsi kafein gak lebih dari 300 mg per hari. Jika Moms sangat sensitif terhadap kafein, dianjirkan untuk mengonsumsinya gak lebih dari 100 mg per hari.

Dilansir dari berbagai sumber (30/03/2021), berikut efek samping mengkonsumsi teh secara berlebihan saat hamil.

Kelahiran Prematur

Kandungan kafein dalam teh jika dikonsumsi melebihi batas normal dapat membahayakan janin. kafein dapat dengan mudah melewati plasenta, hati janin yang belum sempurna akan mengalami kesulitan untuk memecagnya.

Penelitian menunjukkan bahwa janin yang terpapar terlalu banyak kafein selama kehamilan berisiko lebih tinggi untuk dilahirkan prematur, dengan berat badan lahir renda, atau cacat lahir.

Keguguran

Sebuah studi mengemukakan bahwa asupan kefein yang tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran atau lahir mati. Hal inilah yang menyebabkan mengonsumsi teh secara berlebihan berbahaya bagi ibu hamil.

Kandungan kafein dalam teh sangat berbahaya bagi janin. Apa lagi jika dikonsumsi melebihi batas normal dapat merusak organ hatinya janin. selain itu, sebagaian bumil juga sensitif terhadap efek buruk kafein.

Bumil Sering Buang Air Kecil

Moms sudah tahu kan kalau teh mengandung kafein? Meskipun kandungan kafein teh gak sebanyak pada kopi, tetapi Moms harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, Moms gak boleh mengonsumsi teh dan kopi secara berbarengan.

Kandung kafein dalam teh memberikan efek samping deuritik alami. Konsumsi teh secara berlebihan akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Jadi, gak heran kalau Moms akan sering buang air kecil setelah minum teh.

Moms, sebenarnya boleh saja kok mengonsumsi teh atau minuman yang mengandung kafein lainnya, tetapi dalam batas yang wajar. Jangan sampai karena minuman dan pola hidup yang gak sehat kesehatan ibu dan janin terancam.

Artikel Pilihan