Menu

Moms, Ini 5 Manfaat Air Kelapa untuk Bayi! Sudah Tahu Belum?

01 April 2021 09:45 WIB

Potongan buah kelapa. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Gak hanya untuk ibu hamil, ternyata air kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan bayi lho, Moms.

Air kelapa dapat dikonsumsi oleh si kecil ketika sudah memasuki masa MPASI, banyak pakar merekomendasikan pemberian air kelapa sebaiknya ketika bayi berusia 6 bulan atau 8 bulan yaitu saat sudah mulai dikenalkan makanan padat.

Moms hanya boleh memberikan air kelapa saja, gak dengan daging buahnya. Daging buah kelapa masih sulit dikunyah dan dicerna oleh bayi. Jika memaksakan untuk mengonsumsinya, akan membuat bayi tersedak.

Air kelapa memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh bayi. Air kelapa adalah salah satu minuman yang memiliki rasa manis dan kaya akan laurat sehingga dapat melawan berbagai penyakit.

Selain menyegarkan, air kelapa juga memberikan energi dengan cepat. Oleh karena itu, air kelapa dapat dikonsumsi oleh bayi hingga orang dewasa.

Dilansir dari berbagai sumber (01/04/2021), berikut manfaat air kelapa bagi bayi.

1. Mengurangi Dehidrasi

Kondisi dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Hal ini gak baik karena menganggu kesehatan, sehingga menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya heat stroke akibat dehidrasi.

Moms bisa mencampurkan air kelapa dalam menu MPASI. Air kelapa merupakan cairan yang paling murni setelah air dengan kandungan mineral, vitamin, dan garam yang baik bagi tubuh.

2. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Bayi sering menagalami infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan karena adanya bakteri yang berkembang biak dalam saluran kemih atau ginjal. Cara terbaik untuk mencegah dan mengobatinya dengan mengonsumsi air kelapa.

Penyakit infeksi saluran kemih gak bisa dianggap sepele karena dapat menyebabkan infeksi ginjal dan batu ginjal. Mengonsumsi air kelapa secara rutin dapat menjaga kesehatan saluran kemih anak.

3. Anti Bakteri

Air kelapa mengandung monalaurin yang tinggi yang berperan sebagai antibakteri. Selain itu, adapun kandungan lainnya yang efektif membunuh virus berlapis lemak seperti kandungan antivirus, antibakteri, dan antriprotozoa.

Anak-anak rentan terkena peyakit cacing diperut. Moms bisa mengatasinya dengan air kelapa. Selain membunuh baketeri dan virus merugikan, air kelapa juga dapat membunuh cacing di usus halus anak.

4. Menyembuhkan Konstipasi

Kekurangan air dan makanan berserat dapat menyebabkan anak konstipasi. Air kelapa yang kaya dengan sumber serat dan elektrolit dapat membantu menyembuhkan konstipasi pada bayi dan anak-anak.

5. Menyembuhkan Penyakit Pencernaan

Bayi rentan dengan masalah pencernaan. Biasanya penyakit pencernaan yang biasa dialami adalah diare. Hal inilah yang menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, Moms bisa memberikannya air kelapa agar asupan cairan tetap tercukupi.

Nah jadi itu dia Moms sederet manfaat air kelapa bagi bayi.