Menu

Ini Dia 5 Makanan Penyebab Kista yang Dialami Aurel Hermansyah, Jangan Konsumsi Ya!

05 April 2021 14:00 WIB

Seorang wanita tengah berbaring dengan memegang perutnya (Pinterest/Charday Penn)

HerStory, Jakarta —

Menjelang hari pernikahan Aurel Hermansyah dengan Atta Halilintar, Aurel didiagnosa memiliki kista ovarium atau kista rahim. Kista disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya makanan.

Lantaran ingin memiliki anak kembar 3, Aurel ditemani ibu sambungnya Ashanty berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai hal itu. Ketika berkonsultasi, terungkaplah bahwa Aurel memiliki kisata ovarium.

Karena kista yang dimilikinya, dokter pun harus membenahi kista tersebut. Jika gak segera ditangani dengan tepat dapat menghambat pelepasan sel telur.

Umumnya, kista dapat hilang dengan sendiri. Namun jika gak kunjung hilang, penangan dan pengobatan dokter adalah yang utama guna mencegah kista semakin membesar dan pecah.

Kista ovarium merupakan masalah umum yang terjadi pada wanita. Biasanya penyakit ini ditandai dengan siklus menstruasi yang gak lancar.

Dilansir dari berbagai sumber (05/04/2021), berikut 5 makanan penyebab kista yang perlu kamu ketahui.

1. Gandum

Gandum memang baik untuk diet, namun kandungan asam fitat yang tinggi seperti magnesium dan seng dapat menimbulkan kista.

2. Alkohol dan Soda

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan soda dapat menyebabkan kista. Hal ini disebabkan karena keduanya dapat meningkatkan kadar estrogen yang dapat memperburuk keadaan.

3. Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan berkembangnya sel abnormal pada tubuh seperti kista.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji gak hanya dapat menyebabkan kista tetapi berbahaya juga bagi kamu yang sudah memiliki kista. Hal ini disebabkan adanya kandungan pengawet dan kolesterol yang dapat memperburuk keadaan.

Selain itu, sering menginsumsi makanan siap saji juga dapat menyebakan penyakit lainnya. Makanan siap saji dapat meningkatkan risiko komplikasi penyakit seperti kanker ovarium.

5. Kafein

Kafein merupakan salah satu kandungan yang harua dihindari agar gak mengidap kista. Mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat mengganggu kondisi hormon dalam tubuh. Hal ini lah yanh menyebabkan kista.

Walaupun kista ovarium umum terjadi pada wanita, namun sebaiknya kamu mencegahnya dengan menghindari beberapa makanan. Karena jika sudah parah dapat menganggu kesehatan tubuh lainnya.