Menu

Sudah Melewati HPL tetapi Janin Belum Lahir? Kenali Penyebabnya Moms!

05 April 2021 14:15 WIB

Ilustrasi wanita melahirkan (Unsplash/Sharon McCutcheon)

HerStory, Jakarta —

Moms, sudah tahu belum kalau ada beberapa faktor penyebab bayi telat lahir? Jangan sepelekan faktor-faktor ini ya Moms.

Banyak hal yang Moms harus ketahui mengenai persalin. Gak hanya kondisi prematur atau bayi lahir terlalu cepat. Ada juga bayi telat lahir atau melwati HPL yang telah ditentukan.

Sebenarnya, tanggal persalinan yang ditentukan dokter gak selalu mutlak. Hal ini dapat mundur atau maju beberapa hari bahkan hingga seminggu lebih. Tetapi Moms bisa mengetahui penyebabnya agar hal ini gak terjadi.

Pada masa HPL, biasanya para ibu merasakan kebahagian karena buah hatinya akan lahir. Namun beberapa diantaranya khawatir karena belum mengalami kontraksi padahal perkiraan lahir bayi sudah dekat. Hal inilah yang menyebabkan bayi lahir telat.

Hal ini bukan masalah besar yang perlu dikhawatirkan. Tetapi Moms juga harus tahu apa penyebabnya bayi telat lahir.

Dilansir dari berbagai sumber (05/04/2021), berikut penyebab bayi telat lahir.

Kelainan Pada Janin

Salah satu penyebab bayi telat lahir adalah adanya kelainan pada janin. kelain tersebut diantaranya tulang yang gak normal, posisi janin salah, kelainan genetik, atau terjadi kelainan pada otak.

Kelainan pada janin ini bisa terjadi kapan saja. oleh karena itu Moms harus menjaga kesehatan dan berkonsultasi ke dokter agar mengetahui tumbuh kembang dan kesehatan janin di dalam kandungan.

Kadar Enzim Sulfatase dalam Plasenta Gak Terpenuhi

Penyebab bayi lahir telat lainnya adalah kadar enzm sulfatase dalam plasenta gak terpenuhi. Enzim sulfatase dihasilkan oleh organel sel lisosom yang terdapat pada tubuh.

Oleh karena itu selama kehamilan Moms perlu melengkapi kebutuhan gizi. Selain itu, olahraga seperti senam hamil, menghindari stres, dan istirahat yang cukup dapat meningkatkan kadar enzim sulfatase.

Kegemukan

Kegumakan merupakan salah satu faktor mengapa bayi lahir telat. Oleh karena itu, banyak ahli yang menganjurkan diet sebelum memasuki fase kehamilan.

Selain itu, Moms bisa menghindari makanan yang mengandung lemak jahat. Hal ini guna membuat berat badan tetap seimbang dan menghindari kegemukan.

Faktor Genetik

Faktor genetik juga berpengaruh dalam persalinan. Jika Moms memiliki riwayat keluarga yang telat melahirkan, kemungkinan Moms akan mengalami hal yang sama atau lebih.

Nah, jadi itu dia penyebab bayi lahir telat. Tetapi Moms gak perlu terlalu khawatir, Moms bisa mengatasinya dengan melakukan senam hamil yang dapat merangsang persalinan.