Menu

Waduh! Ini 3 Efek Samping Akibat Kurang Makanan Berserat

06 April 2021 11:00 WIB

ilustrasi buah-buahan (freepik/azerbaijan_stockers)

HerStory, Jakarta —

Mengonsumsi makanan berserat memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya jika kamu kurang mengonsumsi makanan berserat akan mendatangkan efek samping bagi tubuh.

Gak hanya buah-buahan, makanan berserat juga terdapat pada sayuran. Kamu gak harus mengonsumsi keduanya, tetapi setidaknya kamu mengonsumsi salah satu yang kamu sukai dalam sehari untuk memenuhi asupan serat dalam tubuh.

Masih banyak juga orang yang gak suka buah dan sayuran karena beberapa sebab. Jika kamu gak menyukainya karena rasanya yang kadang pahit, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai bumbu masakan sesuai dengan selera kamu.

Sebuah studi diterbitkan oleh American Society for Microbiology menemukan bahwa meningkatkan asupan serat makanan, akan berdampak sangat besar bagi pencernaan dalam waktu singkat.

Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan wanita untuk mengonsumsi sekitar 25 gram serat per hari dan pria sekitar 38 gram setiap hari. Hal ini guna dapat mencegah efek smaping yang ditimbulkan apabila tubuh kamu kekurangan serat.

Dilansir dari berbagai sumber (06/04/2021), berikut efek samping yang ditimbulkan akibat tubuh kurang makanan berserat.

Depresi

Peneliti medis dari North American Menopause Society (NAMS) melihat adanya kemungkinan antara hubungan serat makanan dan wanita dari berbagai usia dan tahap kehidupan.

Dalam studi yang melibatkan lebih dari 5.800 wanita dan telah diterbitkan dalam jurnal Menopuse menemukan bahwa risiko depresi wanita pramenopause dapat dipengaruhi oleh konsumsi serat mereka.

Kadar Gula Meningkat

Serat dapat memperlambat pelepasan gula darah ke aliran darah. Selain itu, serat dapat membantu menjaga tingkat energi sehingga lebih stabil dari waktu ke waktu.

Gula darah yang meningkat akan menyebabkan diabetes. Selain itu, juga berisiko timbulnya obesitasl. Oleh karena itu, makanan berserat sangat penting untuk menjaga keseimbangan berat badan.

Penyakit Jantung

Makaan berserat dapat membantu menjebak dan mengeluarkan kolesterol yang sehat. Hal ini sangat berpengaruh dalam kesehatan jantung. Jika tubuh kekurangan serat, otomatis kolesterol akan meningkat dan dapat memicu serangan jantung.

Banyak orang yang melakukan progam diet tinggi serat. Gak hanya bertujuan untuk menghasilkan berat badan yang ideal, tetapi juga menurukan risiko penyakit jantung koroner.

Waduh, bahaya sekali ya jika tubuh kamu kekurangan serat. Kamu bisa dapatkan serat dari buah-buahan atau sayuran yang kamu sukai.