Menu

Waspada! Ini 3 Gejala Kolesterol pada Kaki

07 April 2021 09:00 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang memegang kaki. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sudah tahu belum kalau beberapa gejala kolesterol tinggi terdapat pada kaki? Jika kamu merasakan beberapa gejala ini pada kaki bisa jadi kamu memiliki kolesterol tinggi.

Banyak orang yang gak menyadari gejala kolesterol yang sedanv dialaminya. Hal ini pun telah dikemukakan oleh penelitian bahwa beberapa pasien yang memiliki kolesterol tinggi gak memiliki gejala sama sekali tetapi beberapa orang mengalami gejala di kaki.

Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah. Kadar kolesterol yang normal memang diperlukan oleh tubuh, namun jika kadar kolesterol jahat meningkat justru dapat membahayakan bagi tubuh.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti serangan jantung, stroke, penyakit arteri perifer (PAD), dan lainnya. Oleh karena menyadari adanya gejala kolesterol tinggi sangat penting.

Banyak orang gak sadar mengenai kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya. Hal ini disebabkan karena gejala kolesterol hampir sama dengan penyakit lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber (07/04/2021), berikut gejala kolesterol pada kaki yang perlu kamu ketahui.

Nyeri Kaki

Umumnya nyeri kaki dikaitkan dengan penyakit rematik atau asam urat. Nyeri juga termasuk salah satu gejala kolesterol tinggi di kaki yang paling umum.

Menurut Havard Health, salah satu gejala paling umum ketika kolesterol tinggi adalah nyeri pada kaki.

Sulit Mengangkat Kaki

Gejala kolesterol tinggi pada kaki yaitu kesulitan mengakat kaki ketika berbaring di tenpat tidur. Gejala ini sering menyerang pada malam hari.

Jika gejala kolesterol tinggi dibiarkan begitu saja akan muncul gejala lainnya. Adapun gejala lainnya seperti tasa sakit dan gak nyaman ketika duduk atau berdiri, muncul bisul, serta masalah kulit pada kaki dan tungkai.

Tungkai Bawah Terasa Dingin

Peneltian mencatat bahwa gejala lainnya adalah tungkai bawah atau kaki terasa dingin. Selain itu terdapat jug perubHan warna kaki.

Orang yang sedang mdngalami kolesterol tinggi akan mengalami perrumbuhan rambut pada kaki yang lebih lambat. Begitupula pada pertumbuhan kuku kaki.

Jadi, ini dia gejala kolesterol yang terdapat pada kaki. Jangan abaikan atau sepelekan jika kamu mengalami gejala itu. Pasalnya kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan komplikasi.