Menu

Ingin Puasamu Tetap Lancar? Terapkan 5 Hal Ini Yuk, Beauty!

16 April 2021 12:15 WIB

Seorang wanita sedang mengonsumsi buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Beribadah puasa di bulan suci Ramadan disambut dengan penuh suka cita oleh umat muslim setiap tahunnya. Selain beribadah, saat berpuasa menjadi momen yang tepat untuk memperbaiki pola makan yang nggak teratur dan bisa mengeluarkan racun dari tubuh kita, lho!

Tetapi, semua itu terjadi hanya ketika kamu menerapkan pola hidup sehat selama berpuasa. Nggak jarang, pola hidup dan pola makan yang salah bisa berujung pada kondisi yang fatal. Kamu nggak mau kan, mengalaminya?

Nah supaya kamu nggak mengalaminya, yuk terapkn 5 hal ini  saat menjalankan ibadah puasa agar selalu sehat dan produktif saat beraktivitas.

1. Buat Perencanaan Makanan

Ada baiknya kita mulai membuat perencanaan makanan apa saja yang ingin dimakan saat sahur dan berbuka puasa. Buatlah daftar makanan yang rapi supaya nggak bingung dalam menentukan menu makan sahur dan berbuka puasa setiap hari. Dalam daftar menu makanan, gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang serta hindari junk food, ya!

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Saat kita sahur, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sangatlah penting bagi tubuh karena akan menjadi sumber vitamin dan karbohidrat yang baik untuk pencernaan kita saat berpuasa.

3. Istirahat Cukup

Setelah asupan di dalam tubuh kita sudah sangat kita atur dengan pola makan seimbang dan penuh nutrisi kita juga harus memperhatikan pola tidur kita.

Saat selesai solat tarawih hendaklah langsung tidur malam karena waktu tidur malam saat bulan puasa hanya sedikit dan harus bangun saat sahur. Maka, kita harus pandai-pandai mengatur waktu tidur agar tetap sehat dan tidak cepat mengantuk saat pagi- hingga sore beraktivitas.

4. Tetap Berolahraga

Siapa bilang olahraga saat berpuasa itu terasa berat dan membuat sakit? Justru dengan tetap berolahraga teratur tubuh kita akan selalu fit.

Saat berpuasa sebaiknya kita melakukan olahraga kecil saja seperti jalan-jalan santai ketika selesai solat subuh. Tidak perlu terlalu berat yang penting badan kita tetap bergerak dan mengeluarkan keringat jadi lebih sehat dan dijamin tidak mudah lemas.

5. Konsultasi ke dokter

Bagi kamu yang memiliki riwayat sakit dan masalah kesehatan, lebih baik segera konsultasikan diri dengan dokter yang khusus menangani penyakit yang kamu derita.

Konsultasikan mengenai keluhanmu, bagaimana menjaga pola makan yang cocok untuk tubuhmu, dan tanyakan vitamin dan obat apa saja yang harus dan nggak boleh dikonsumsi saat berpuasa.