Menu

Penting! 6 Langkah Mencuci Buah dan Sayur yang Benar Agar Terhindar dari Kuman dan Bakteri!

07 April 2020 14:30 WIB

Ilustrasi sayuran yang ada di pasar. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kalau kamu suka berbelanja ke pasar, pastikan harus selalu mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Enggak bisa dipungkiri, buah dan sayuran yang dibeli di pasar pasti enggak higienis. Nah, makanya sebelum dikonsumsi kamu harus membersihkannya dulu supaya kuman-kuman yang menempel pada buah dan sayuran hilang. 

Beauty, jangan pernah memakan buah dan sayuran tanpa dicuci terlebih dahulu. Kamu harus waspada terhadap kuman dan bakteri berbahaya, seperti salmonella dan e.colli yang sering ada di buah-buahan dan sayuran. Untuk itu jangan pernah lupa untuk mencucinya!

Baca Juga: Kamu Habis Belanja dari Supermarket? Ini Tips Bersikan Belanjaan di Tengah Pandemi Virus Corona

Nah, bagaimana sih cara mencuci buah dan sayuran yang benar agar terhindar dari kuman dan bakteri? Yuk, simak baik-baik cara mencuci buah dan sayur yang benar!

1. Cuci tangan

Cuci tangan adalah salah satu hal paling penting yang harus dilakukan. Sebelum kamu mencuci buah dan sayur, kamu harus mencuci tanganmu terlebih dahulu. Nah, kalau sudah selesai mencuci buah dan sayur kamu juga harus mencuci tangan, ya!

2. Pisahkan buah dan sayur

Selalu pisahkan buah-buahan dan sayuran yang baru saja kamu beli. Hal tersebut dilakukan agar kuman dan bakteri tak menyebar ke seluruh makanan. Jangan lupa, ya!

3. Potong bagian yang rusak

Beauty, biasanya kalau kamu membeli buah atau sayuran pasti ada bagian yang rusak. Nah, kamu bisa memotong terlebih dahulu bagian yang rusak tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa tak ada ulat dalam buah dan sayur tersebut.

4. Bersihkan dengan air mengalir

Bersihkan seluruh bagian buah dan sayuran dengan air yang mengalir. Mulailah mencuci pada bagian yang paling kotor. Gunakan sikat untuk menggosok kotoran yang keras seperti tanah, tapi jangan gunkan sikat yang terlalu kasar karena akan merusak kulit buah. Jangan sampai ada bagian yang terlewat, ya, Beauty!

Baca Juga: Stok Makanan Habis? Begini Tips Belanja Dengan Aman Saat Pandemi Virus Corona

5. Gunakan sabun khusus

Nah, untuk mencuci buah dan sayur kamu harus menggunakan produk berbahan alami yang digunakan khusus untuk mencuci buah dan sayur. Cari produk yang mengandung jeruk nipis sebagai agen antibakteri yang mampu membersihkan bakteri pada buah dan sayur.

6. Bilas dan keringkan

Beauty, setelah kamu selesai mencucinya, bilaslah dengan air mengalir hingga bersih. Pastikan sudah tak ada lagi kotoran yang menempel pada buah dan sayur. Keringkan dengan menggunakan handuk bersih yang tak digunakan untuk apapun. Nah, setelah kering taruhlah pada wadah yang bersih.

Semoga bermanfaat, Beauty!

Artikel Pilihan