Menu

Sedang Alami Kelelahan? Usir dengan 5 Makanan Ini Beauty

04 Mei 2021 09:00 WIB

Burnout (Pinterest / Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Kelelahan merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang lemah dan lelah. Kondisi ini berhubungan dengan kelelahan fisik maupun mental. Beberapa faktor yang memicu kelelahan seperti konsumsi alkohol dan kafein serta aktivitas fisik yang berlebihan. Kurang tidur, kurang berolahraga dan pola makan yang gak sehat juga bisa jadi pemicunya.

Dikutip dari berbagai sumber, (04/05/2021) gejala utama kelelahan adalah letih berlebihan, terutama setelah melakukan aktivitas fisik atau mental. Beberapa tanda lainnya seperti sakit otot, tidak semangat, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, cepat marah, kehilangan nafsu makan, murung dan kekurangan energi.

Nah, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta vitamin dan mineral untuk berfungsi dengan baik. Berikut ini merupakan deretan makanan yang bantu kamu segar dan semangat lagi dengan cepat.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Tak hanya itu, pisang juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin C, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serat dan karbohidrat.

Cobalah untuk mengonsumsi 1-2 buah pisang setiap hari. Kamu juga bisa menikmati manfaat buah pisang dengan mengolahnya menjadi smoothies.

Teh hijau

Jika kamu sangat terusik dengan rasa lelah atau stres yang berkaitan dengan pekerjaan atau tanggung jawab lainnya, kamu bisa mengusirnya dengan secangkir teh hijau hangat.

Teh hijau mengandung polifenol yang membantu mengurangi stres, meningkatkan energi dan meningkatkan fokus otak. Selain itu, teh hijau juga telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan mencegah kelelahan.

Biji labu

Biji labu merupakan camilan yang pas untuk memerangi rasa lelah. Biji labu sarat dengan protein tinggi, omega-3, vitamin B1,B2,B5 dan B6, serta mineral seperti mangan, magnesium, fosfor, besi dan tembaga.

Semua nutrisi ini bekerjasama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi dan melawan gejala kelelahan. Selain itu, tripofan yang ditemukan dalam biji labu membantu melawan kelelahan emosional sekaligus memicu tidur yang lebih baik.

Yogurt

Tingginya jumlah protein, karbohidrat, dan probiotik dalam yogurt dapat menjadi bala bantuan untuk melawan gejala kelelahan. Bahkan, yogurt diproses lebih cepat dalam tubuh dibandingkan dengan makanan padat lainnya. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi sumber energi cepat.

Probiotik dalam yogurt juga membantu meringankan gejala sindrom kelelahan kronis. Tak hanya itu, yogurt juga memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. 

Semangka

Jika kamu merasa lelah karena beraktivitas di bawah teriknya matahari atau lelah setelah berolahraga berat, maka semangka dengan senang hati menawarkan bantuan buatmu.

Pasalnya, semangka kaya akan kandungan air dan elektrolit yang melindungi tubuh dari dehidrasi. Dengan begitu, semangka juga membantu kamu tetap aktif dan bebas dari kelelahan.

Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi pembasmi rasa lelah seperti kalium, vitamin C, likopen, beta-karoten dan zat besi.