Menu

Biar Tubuh Tetap Fit, Yuk Intip 4 Pola Makan Sehat Setelah Lebaran

17 Mei 2021 09:00 WIB

Makanan (Unsplash/Brooke Lark)

HerStory, Jakarta —

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu saat lebaran adalah menyantap banyak makanan, seperti ketupat, rendang daging, opor ayam, dan lainnya. Nah, kini saatnya kamu kembali menerapkan pola makan yang sehat supaya tubuh selalu fit.

Mengatur pola makan sehat setelah terlena dengan banyak hidangan yang nikmat memang bukan hal yang mudah. Namun, kamu pasti bisa mengatur kembali pola makan sehatmu setelah lebaran.

Dilansir dari berbagai sumber (17/5/2021), inilah cara mengatur kembali pola makan sehat setelah lebaran yang harus kamu terapkan. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Konsumsi yogurt

Setelah banyak menyantap hidangan lebaran, kamu bisa menetralkannya dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt mengandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan juga sistem pencernaan.

Selain baik untuk usus dan pencernaan, yogurt juga mengandung kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc. Kamu juga bisa mencampurkan yogurt dengan beri-berian, lho.

Konsumsi buah dan sayur

Buah-buahan dan juga sayuran memang menjadi makanan yang sehat dan wajib dikonsumsi. Serat yang ada pada buah-buahan dan sayuran akan membantu memperbaiki dan melancarkan sistem pencernaan.

Ada banyak buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi untuk menerapkan pola makan yang sehat, seperti jeruk, apel, anggur, sayuran hijau, dan lainnya.

Hindari junk food

Setelah banyak mengonsumsi makanan bersantan dan berlemak saat lebaran, cobalah hindari junk food. Junk food merupakan makanan yang mengandung tinggi garam dan juga zat-zat pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Makanya, kamu perlu menghindarinya, ya!

Hindari makanan berlemak dan santan

Saat lebaran pasti kamu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak dan bersantan. Makanya, saat setelah lebaran kamu enggak boleh memasak makanan yang berlemak dan bersantan lagi. Kalau terus-menerus mengonsumsinya, kamu bisa terkena penyakit diabetes, darah tinggi, dan lainnya.

Nah, itulah beberapa cara kembali ke pola makan yang sehat setelah lebaran. Harus dicoba ya, Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita