Menu

Gak Cuma Gula, Ini 4 Jenis Makanan yang Bisa Sebabkan Diabetes, Catat Ya!

24 Mei 2021 09:00 WIB

Mengonsumsi junk food. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Diabetes disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan. Makanan penyebab diabetes juga ada banyak macamnya dan enggak hanya yang manis saja. Apa kamu sudah tahu?

Kamu perlu mengetahui makanan apa saja yang bisa menyebabkan diabetes. Makanan penyebab diabetes terbagi menjadi beberapa jenis dan bukan cuma gula saja, lho.

Melansir dari berbagai sumber (24/5/2021), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Apa saja? Yuk, simak dan catat baik-baik, ya!

Karbohidrat olahan

Makanan dengan karbohidrat olahan sangat mudah dicerna tubuh sehingga gula darah dan kadar insulin dapat meningkat dengan cepat. Hal itulah yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Karbohidrat olahan yang dimaksud, seperti nasi putih hingga tepung terigu. Karbohidrat olahan seperti itu enggak mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanya, makanan jenis ini dapat menyebabkan diabetes.

Makanan lemak jenuh dan trans

Makanan dengan lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kolesterol dalam darah dan kalau sudah tinggi, dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Lemak jenuh bisa kamu temukan dalam daging berlemak, mentega, susu tinggi lemak, dan keju. Sedangkan lemak trans umumnya dapat kamu temukan pada gorengan. Mulai sekarang, coba meggoreng makanan dengan minyak zaitun atau canola, ya.

Minuman dengan pemanis buatan

Minuman dengan pemanis buatan, seperti soda atau teh manis dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Minuman jenis ini mengandung kalori dan gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan resistensi insulin.

Untuk menghindarinya, lebih baik kamu banyak mengonsumsi air putih agar tubuh bisa lebih sehat. Jangan sampai risiko diabetes menghampirimu!

Daging merah olahan

Daging merah olahan juga menjadi salah satu penyebab diabetes karena mengandung kadar natrium (sodium) dan juga nitrit yang tinggi.

Cobalah cari sumber protein lain selain daging merah olahan, seperti daging ikan salmon, ikan sarden, telur, atau daging sapi yang diberi makan rumput.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang perlu kamu hindari karena akan menyebabkan penyakit diabetes. Hati-hati, ya!