Menu

Beauty Harus Tahu, Inilah 5 Bau pada Vagina dan Artinya! Jangan Kaget...

25 Mei 2021 21:00 WIB

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, secara alami bau vagina bisa terus berubah tergantung pada kondisinya. Banyak orang yang mengatakan bahwa vagina harus selalu wangi, namun anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat.

Perubahan bau pada vagina adalah hal yang normal terjadi. Ada banyak hal yang memengaruhi bau pada vaginamu, seperti siklus menstruasi, kondisi hormon, kebiasaan menjaga vagina, dan masih banyak lagi.

Nah, apa kamu sudah tahu berbagai macam bau pada vagina dan apa artinya?

Melansir dari berbagai sumber (25/5/2021), berikut ini merupakan berbagai macam bau pada vagina dan juga maknanya. Apa saja? Simak baik-baik, ya!

Asam

Jika kamu memiliki bau vagina yang asam seperti bau susu fermentasi, itu merupakan hal yang normal dan kondisi vaginamu sehat karena kaya akan bakteri baik.

Bau logam

Vagina juga bisa mengelurkan bau seperti logam. Namun, kamu enggak perlu khawatir dengan kondisi bau vagina yang seperti ini. Biasanya, aroma logam pada vagina tercium saat sedang menstruasi karena darah dari dinding uterus luruh dan melewati liang vagina. Pemicu munculnya bau logam pada vagina adalah saat ada darah keluar setelah bercinta akibat adanya gesekan.

Manis

Selanjutnya, apabila vaginamu memiliki bau yang manis lembut dan enggak menyengat, itu berarti ada bakteri yang terus berubah kondisinya. Pada kondisi tertentu, bakteri bisa memunculkan bau vagina yang cenderung manis seperti tetesan tebu.

Amis

Vagina yang memiliki bau amis harus menjadi perhatianmu. Itu berarti ada pertumbuhan bakteri yang enggak normal sehingga memicu bau amis pada vagina. Kalau kamu mencium aroma amis pada vaginamu, segera periksakan ke dokter karena itu membutuhkan antibiotik untuk melawan bakterinya.

Bau busuk

Kalau sudah ada bau busuk seperti bangkai pada vaginamu, berarti ada sesuatu yang salah. Mungkin kamu lupa melepas tampon selama berhari-hari hingga berminggu-minggu. Kasus seperti ini banyak ditemukan di luar negeri, lho.

Nah, untuk mencegahnya kamu bisa coba untuk menggunakan menstrual cup yang jauh lebih higienis dan ramah lingkungan sebagai pengganti tampon atau pembalut sekali pakai.

Itulah beberapa arti bau pada vaginamu. Kamu enggak perlu khawatir berlebih jika bau pada vagina terus beruba-ubah karena itu hal yang wajar terjadi, Beauty!