Menu

Jangan Panik, Inilah Perubahan Vagina Usai Melahirkan dan Cara Mengatasinya Agar Tetap Sehat...

27 Mei 2021 21:00 WIB

Ilustrasi menjaga kesehatan organ intim wanita. (unsplash/Timothy Meinberg)

HerStory, Jakarta —

Melahirkan secara normal menjadi keinginan banyak wanita. Namun, setelah melahirkan anak secara normal ternyata menimbulkan beberapa perubahan pada vagina, lho. Apa kamu sudah tahu?

Pada saat seorang wanita melahirkan secara normal, ada sebuah tekanan pada area vagina saat bayi melewati jalan lahir. Itulah sebabnya mengapa vagina terasa nyeri, bengkak, kering, dan perubahan lainnya.

Melansir dari berbagai sumber (27/5/2021), berikut ini merupakan beberapa perubahan pada vagina setelah melahirkan. Kamu juga bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasinya. Yuk, simak baik-baik, ya!

Vagina kering

Setelah melahirkan, kadar hormon estrogen akan menurun dan dapat mengurangi produksi cairan vagina. Hal itulah yang membuat vagina terasa kering setelah proses persalinan.

Untuk mengatasinya, minum banyak air putih, mengoleskan pelembap untuk vagina, menggunakan produk pelumas vagina berbahan dasar air saat berhubungan seksual, dan memperpanjang waktu foreplay sebelum berhubungan seksual. 

Vagina nyeri

Vagina akan terasa bengkak dan nyeri sesaat setelah melahirkan. Untuk mengatasi nyeri tersebut, kompres dingin di area vagina selama 10-20 menit. Keluhan ini biasanya akan hilang setelah 1-3 bulan setelah melahirkan.

Vagina longgar

Vagina akan terasa lebih longgar setelah melahirkan karena adanya peregangan otot dasar panggul. Untuk membantu mengencangkannya lagi, kamu bisa melakukan senam kegel.

Caranya sama seperti kamu sedang berusaha menahan buang air kecil. Pada awal latihan, lakukan secara perlahan dan hindari pergencangan lebih dari 10 detik. Ulangi sebayak 10 kali dalam setiap set latihan. Senam kegel bisa dilakukan 4-6 set setiap harinya.

Nyeri pada luka jahitan

Setelah proses melahirkan, kamu juga akan merasakan nyeri pada luka jahitan. Untuk mengatasinya, kamu bisa kompres dingin di area jahitan selama 30 menit.

Selain itu, jangan mengejan terlalu kuat saat buang air besar (BAB), letakkan bantal lembut di bawah bokong apabila merasakan sakit saat duduk, lakukan senam kegel, dan konsumsi obat antinyeri sesuai resep dokter.

Nah, itulah beberapa perubahan pada vagina yang bisa kamu rasakan setelah melakukan proses persalinan. Kamu bisa mengikuti tips-tips seperti di atas ya, Beauty!