Menu

Makanan Apa Sih yang Cocok untuk MPASI? Simak Tips Ini Yuk Moms!

31 Mei 2021 09:40 WIB

MPASI Bayi.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Memasuki usia enam bulan, si kecil sudah mulai bisa diberi makanan pendamping ASI (MPASI) ya, Moms. Lalu makanan seperti apa sih yang cocok untuk memulai pemberian makanan untuk bayi?

Dikutip dari The Health Site, (31/05/2021) Moms perlu mengenalkan beragam jenis makanan pada si kecil. Tentunya jenis makanan yang diberikan harus sesuai dengan kemampuan si kecil untuk mulai makan, ya.

Selain ASI dan susu formula, Moms busa mengenalkan bayi pada sereal khusus bayi, daging yang dihaluskan, buah, sayur, biji-bijian, keju, dan protein lainnya. Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui makanan apa yang tepat untuk si kecil.

Moms perlu memerhatikan cara pemberian makanan bayi. Moms bisa melakukannya secara bertahap dan memberikannya satu per satu. Ini dilakukan supaya Moms bisa tahu kalau ada reaksi seperti alergi makanan yang diperlihatkan bayi.

Nah untuk mencobanya, yuk simak beberapa pilihan makanan untuk bayi yang memulai MPASI. 

Alpukat

Alpukat adalah makanan yang kaya dengan lemak tak jenuh sehat yang bisa membantu mempercepat perkembangan otak. Tumbuk alpukat menggunakan garpu hingga cukup halus untuk diberikan pada buah hati, ya Moms.

Pisang

Pisang merupakan sumber potasium, vitamin B6 dan C, kalsium, serta zat besi yang sehat. Moms bisa tumbuk dan haluskan pisang agar lebih mudah dikonsumsi buah hati.

Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang sangat baik di dalamnya. Kandungan ini bisa bermanfaat bagi mata, otak, serta saluran urine buah hati.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan serat, folat, serta kalsium yang sangat penting bagi perkembangan bayi. Moms bisa mengukus sayur ini hingga empuk kemudian dinginkan dan potong kecil-kecil.

Ubi

Ubi merupakan makanan yang sangat disukai anak-anak karena rasa manis dan tekstur di dalamnya. Makanan ini juga merupakan sumber yang kaya beta karoten, vitamin C, serta mineral.

Memilih jenis makanan yang tepat merupakan hal yang penting terutama bagi bayi. Makanan dengan kandungan yang tepat ini sangat penting dan bermanfaat bagi perkembangan bayi. Selamat mencoba Moms!