Menu

Ibu Hamil Harus Waspada, Inilah 5 Penyebab Keguguran yang Sering Terjadi!

18 Juni 2021 08:15 WIB

Ibu hamil mengalami morning sickness. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap ibu hamil tentu ingin anak yang ada di dalam kandungannya lahir dengan selamat dan baik-baik saja. Makanya, ibu hamil harus benar-benar menjaga kandungannya dengan baik.

Saat hamil, para wanita yang baru pertama kali hamil pasti akan mengalami ketakutan soal keguguran. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keguguran dan harus diwaspadai oleh ibu hamil.

Melansir dari berbagai sumber (18/6/2021), inilah beberapa penyebab keguguran yang sering terjadi pada ibu hamil. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Stres

Moms, saat hamil kamu enggak boleh samai stres, ya. Stres pada saat kehamilan bisa menyebabkan hormonal yang enggak seimbang dan akhirnya membuat kondisi janin melemah. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari stres, seperti istirahat yang cukup 8 jam dalam sehari, enggak perlu memikirkan sesuatu secara berlebihan, dan bercerita kepada orang terdekat kalau kamu punya masalah. Jangan sampai kamu stres ya, Moms!

Gaya hidup gak sehat

Gaya hidup yang enggak sehat juga bisa menjadi pemicu keguguran. Penyebab keguguran akibat gaya hidup biasanya yang paling sering karena merokok. Nah, kalau kamu seorang perokok, hindari merokok saat hamil, ya.

Kalau kamu merokok saat hamil, pembuluh darah bisa mengalami kerusakan dan janin enggak bisa berkembang dengan baik karena kurang mendapatkan makanan dan oksigen yang cukup.

Selain merokok, kamu juga harus menghindari minuman beralkohol, asupan kafein yang berlebihan, dan menggunakan obat-obatan terlaran saat hamil.

Kelainan genetik

Masalah kelainan genetik bisa berisiko tinggi menyebabkan keguguran, Moms. Masalah genetik atau riwayat cacat enggak bisa disepelekan, lho.

Enggak hanya kamu saja Moms yang jadi penyebabnya, tapi pasangan atau anggota keluarga lain yang memiliki kelainan genetik bisa menjadi penyebabnya.

Usia

Penyebab keguguran selanjutnya adalah karena faktor usia. Di usia yang semakin tua, maka kondisi fisik akan menurun dan bisa menyebabkan keguguran.

Kelainan kromosom di usia yang semakin tua bisa terjadi saat kehamilan. Makanya, banyak ibu hamil yang mengalami keguguran di usia yang sudah enggak muda lagi.

Ada infeksi

Selanjutnya, infeksi yang menyerang alat reproduksi ibu hamil juga bisa menjadi penyebab keguguran. Infeksi tersebut bisa mengganggu kesehatan janin.

Infeksi yang bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran adalah rubella dan toksoplasma. Jadi, sebaiknya konsultasikan langsung kepada ahlinya ya, Moms.

Nah, itulah beberapa penyebab keguguran yang sering terjadi pada ibu hamil. Kamu harus waspada ya, Moms!