Menu

Apakah Tak Masalah Anak Jadi Lebih Sering Main Gadget Selama #dirumahaja? Ini Kata Ahli

17 April 2020 13:50 WIB

Ilustrasi anak-anak sedang bermain gadget. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Adanya aturan untuk karantina diri di rumah membuat sebagian orang tua merasa khawatir. Bukan tanpa sebab, para orang tua merasa bahwa dengan adanya keputusan ini sang anak jadi lebih sering bermain gadget karena kegiatan belajar di sekolah dihentikan.

Memang gadget merupakan salah satu barang yang bisa membunuh rasa bosan anak. Lantas apakah tak jadi masalah ketika anak yang bermain gadget selama masa Learn From Home (LFH)?

Baca Juga: Sudah Kehabisan Ide Bagaimana Buat Anak Betah Selama #dirumahaja? Yuk Coba Kegiatan Ini!

Menurut psikolog Reynitta Poerwito., M.Psi, jika gadget digunakan secara terus menerus pasti akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu penting bagi orangtua untuk bisa mengatur jam penggunaan gadget

"Orang tua bisa menggunakan gadget selama sekolah online, setelah sekolah selesai anak bisa istirahat dulu dari gadget dan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan sesuai kesenangannya, misalnya memasak, bermain alat musik, menggambar, bernyanyi, dan lain sebagainya," katanya dalam sesi Live Chat With Expert di Orami Parenting.

Baca Juga: Lagi #Dirumahaja Waktunya Quality Time dengan Keluarga, Ternyata Ini Manfaatnya!

Selain itu, Rey juga menyarankan orang tua untuk membuat jadwal anak dalam menggunakan gadget. Menurutnya, anak-anak harus istirahat dari penggunaan gadget agar tak berlebihan.

"Buatkan jadwal penggunaan gadget selama sekolah dari rumah. Dan sebaiknya selama sekolah online setiap 1 jam anak diberikan waktu istirahat agar tidak selalu melihat gadget. Aku melihat anak-anakku sekolah online dari rumah, dan dari pihak sekolah tidak mengharuskan anak-anak berlama-lama menatap gadget, sehingga anak bisa istirahat dari penggunaan gadget," tambahnya.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana