Menu

Lagi #Dirumahaja Waktunya Quality Time dengan Keluarga, Ternyata Ini Manfaatnya!

15 April 2020 16:30 WIB
Lagi #Dirumahaja Waktunya Quality Time dengan Keluarga, Ternyata Ini Manfaatnya!

Sebuah keluarga sedang menikmati kebersamaan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Dengan adanya pandemi virus corona, pemerintah membuat aturan untuk melakukan physical distancing. Hal tersebut dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona. Oleh sebab itu, pemerintah meliburkan aktivitas belajar mengajar di sekolah serta menyerukan gerakan kerja di rumah atau work from home agar masyarakat tetap #diamdirumah.

Meski terlihat akan membosankan, nyatanya ada hal baik yang bisa diambil dari kejadian ini. Ya, kamu jadi bisa lebih dekat dengan keluarga serta bisa lakukan quality time yang biasanya tak sempat dilakukan karena padatnya aktivitas.

Baca Juga: Takut Anak Terserang Virus Corona? Simak 4 Cara Mencegah Virus Corona pada Anak!

Menurut Psikolog Reynitta Poerwito, Bach of Psych.,M.Psi., Quality Time atau disingkat QT dalam keluarga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.  Walaupun terlihat mudah dilaksanakan, ternyata QT banyak diabaikan lho Beauty oleh keluarga zaman sekarang.

Jika kamu jadi salah satu orang yang meremehkan manfaat QT, jangan ke mana-mana! Simak terus pemaparan di bahwa ini ya. Kamu akan tahu betapa dahsyatnya manfaat dari QT dalam sebuah keluarga sesuai dengan yang disampaikan Rey dalam sesi Live Chat With Expert di Orami Parenting:

Meningkatkan semangat hidup anggota keluarga

Ingin memiliki hidup yang lebih bahagia? Sering-sering lakukan QT bersama keluarga ya! Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa QT meningkatkan semangat hidup keluarga. Tunggu apalagi, hindari konflik dan hidup bahagia dengan rutin lakukan QT.

Memperkuat ikatan keluarga

Selain bisa meningkatkan rasa bahagia, ternyata dengan rutin melakukan QT juga bisa memperkuat ikatan batin antar anggota keluarga lho. Hal-hal yang biasa dilakukan jika ikatan keluarga sudah kuat adalah menjalankan komunikasi tanpa putus hingga mengatasi masalah bersama. Dengan kata lain, saat kamu rutin melakukan QT bersama keluarga, secara tak langsung kamu bisa membangun support system yang baik.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Menyerang Anak! Perhatikan Gejalanya Agar Lebih Hati-Hati

Meningkatkan kemampuan akademis dan IQ anak

Keluarga yang sering menerapkan QT akan memiliki banyak waktu untuk membimbing anak-anaknya dalam belajar. Hal ini tentu akan berpengaruh ke dalam kemampuan akademis anak.

Menjaga stabilitas emosi anak

Jika orang tua sering bertengkan di depan anak, itu pasti akan mempengaruhi tingkat emosi anak. Oleh sebab itu, orang tua harus menjaga sikap agar emosi anak tetap stabil. Salah satu cara untuk menjaga emosi anak dengan melakukan QT. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa QT bersama keluarga bisa meningkatkan stabilitas emosi anak karena akan menghasilkan anak-anak yang lebih bahagia dengan keluarganya maupun dengan dirinya sendiri.

Menumbuhkan kemampuan anak untuk bersosialisasi

Keluarga merupakan lingkungan pertama pada pertumbuhan anak. Perilaku anak pasti akan tercermin dengan bagaimana cara keluarga bersosialisasi satu sama lain. Jika kamu ingin memiliki anak yang mudah bersosialisasi, salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan QT.

Bila ikatan dan komunikasi dalam keluarga baik dan positif, biasanya akan tumbuh rasa percaya diri yang kuat untuk menjadi support anak dalam bersosialisasi dengan lingkungannya.

Baca Juga: #DiRumahAja ala Sederet Public Figure Bersama Buah Hati, Yuk Intip Keseruannya!

Membentuk komunikasi yang positif dengan anak dan pasangan

Rutin melakukan QT juga bisa melatih komunikasi yang baik. Bukan hanya dengan anak, ternyata QT juga bisa melancarkan komunikasi dengan pasangan. QT merupakan salah satu proses yang paling sederhana untuk dapat melatih komunikasi dengan para anggota keluarga dengan baik.

Nah, dengan adanya social distancing ini, sebenarnya kita diberikan waktu untuk bisa melakukan hal-hal yang tadinya sulit untuk dilakukan, termasuk meningkatkan QT bersama keluarga. Oleh sebab itu, segera lakukan QT dan rasakan manfaatnya!

Baca Juga: Moms Wajib Tahu Nih, Tenyata Ini Lho Pentingnya Peran Ibu untuk Perkembangan si Kecil, Yuk Pahami!

Baca Juga: Duh Jangan Sampai Gini Ya Moms! Ini 5 Perilaku Ibu Toxic yang Bisa Berdampak pada Kehidupan Anak, Sampai Besar Gak Hilang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.