Menu

Sederet Cara Sederhana Ini Bisa Menyembuhkan Sariawan, Beauty! Salah Satunya dengan Es Batu Lho

09 Juli 2021 08:55 WIB

Ilustrasi sariawan. (Freepik/yoyoherp)

HerStory, Sukabumi —

Timbulnya sariawan kerap kali datang karena adanya infeksi virus atau jamur, alergi makanan, luka mulut, kekurangan nutrisi tertentu bahkan bisa jadi karena stres. Sariawan ini bisa membuat penderitanya kesulitan untuk minum dan makan karena rasa perih yang dirasa.

Sariawan biasanya membutuhkan waktu 10-14 hari untuk sembuh dan hilang dengan sendirinya. Namun bukan berarti sariawan enggak akan meninggalkan bekas luka dan bisa memakan waktu lebih lama lagi. 

Meskipun sejatinya belum ada penyebab pasti dari timbulnya sariawan ini, agar bisa tetap nyaman mengonsumsi makanan dan minuman, berikut ini 4 cara sederhana untuk menyembuhkan sariawan mengutip dari berbagai sumber (9/7/2021). 

1. Berkumur Menggunakan Air Asin atau Baking Soda

Larutan air garam atau soda kue dipercayai dapat mengurangi peradangan, meredakan nyeri, serta mempercepat proses penyembuhan mulut yang terkena sariawan seperti pada gusi, lidah dan bibir.

2. Mengoleskan Madu

Madu yang mengandung sifat antiradang dan antibakteri ini cocok untuk menyembuhkan sariawan lho. Beauty bisa mengaplikasikan madu sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sebaiknya Beauty menggunakan madu murni, ya, karena tidak melewati proses pasteurisasi. 

3. Menggunakan Es Batu 

Es batu yang memberikan sensasi sejuk ini dipercaya dapat membuat sariawan menjadi kempis dan meringankan rasa nyeri. Beauty bisa menggunakan es batu dengan cara melapisinya dengan kain atau mengulumnya pada bagian yang sariawan. 

4. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran yang mengandung nutrisi vitamin B, vitamin C, zinc, dan zat besi bisa menyembuhkan sariawan. Beauty bisa dengan mengonsumsi buah alpukat, apel, jeruk, pepaya, dan tomat. 

Semoga membantu dan lekas sembuh ya, Beauty!

Artikel Pilihan