Menu

Moms Jangan Sepelekan Gangguan Pencernaan Si Kecil Ya! Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

11 Juli 2021 16:00 WIB

Ilustrasi si kecil sakit perut. (Pinterest/healthessentials)

HerStory, Sukabumi —

Di usia yang masih belia, pencernaan si kecil juga belum terbentuk sempurna dan belum terlalu peka. Hal inilah yang kerap kali memicu gangguan pencernaan pada si kecil. 

Gangguan pencernaan yang dialami bisa berupa diare, perut kembung, dan sering buang angin. Tanpa disadari hal tersebut ternyata dapat menurunkan imunitas si kecil lho Moms. Bahkan dapat mengganggu perkembangan otak serta pertumbuhan tubuhnya lantaran kekurangan asupan nutrisi. 

Melansir dari laman resmi hellosehat.com pada (11/7/2021), berikut ini 5 cara efektif untuk mengatasi ganggua pencernaan si kecil. Disimak dengan baik ya, Moms!

1. Konsultasikan ke Dokter 

Gangguan pencernaan ringan memang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan dokter. Tapi memang lebih baik Moms selalu melakukan konsultasi terlebih dulu sebelum memberikan tindakan bagi si kecil. Agar Moms dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab pemeriksaan dokter merupakan langkah tepat bagi proses penyembuhan si kecil.

2. Berikan Asupan Cairan yang Cukup

Gangguan pencernaan yang kerap kali menimpa si kecil adalah diare yang dapat membuat si kecil dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka dari itu, Moms pastikan asupan cairan si kecil selalu tercukupi dengan memberikannya air putih Moms bisa memberikan larutan oralit. Peranan air putih sangat dibutuhkan untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

3. Gangguan Pencernaan Ringan Berikan Probiotik

Jika si kecil mengalami perut kembung dan sering buang angin, Probiotik ini mampu mengatasi hal tersebut nih Moms. Contoh makanan dan minuman yang Moms bisa berikan karena mengandung probiotik ini seperti yogurt, minuman kedelai dan pure jus. 

Tapi, perlu diketahui juga ya Moms, tidak semua probiotik bisa membantu mengurangi gas si kecil. Sebaiknya Moms melakukan konsultasi terlebih dulu ke dokter agar tidak memperparah perut kembung si kecil.

4. Mengganti Susu Si Kecil 

Moms jika si kecil mengonsumsi susu formula sebagai alternatif ASI, sebaiknya jika si kecil sedang mengalami gangguan pencernaan, Moms mengganti susu pertumbuhan dengan susu terhidrolisa. Jenis susu ini mengandung protein halus yang mudah dicerna untuk si kecil. 

5. Menerapkan Pola Makan Sehat dan Seimbang

Makanan yang kaya akan serat mampu mencegah gangguan pencernaan pada si kecil. Dengan begitu Moms juga diupayakan selalu menyajikan makanan yang sehat dan seimbang. Hindari juga pemberian lemak secara berlebihan ya, Moms! 

Nah, semoga membantu ya, Moms!