Menu

Waduh! Tidur Tanpa Bra Bukan Jaminan Kanker Payudara Dapat Terhindarkan, Beauty! Benarkah?

12 Juli 2021 19:00 WIB

Ilustrasi melepas bra. (Freepik/sastock)

HerStory, Sukabumi —

Rumor mengenai menggunakan bra saat tidur dapat menyebabkan kanker payudara masih menjadi perbincangan dikalangan wanita. 

Sebagian berpendapat menggunakan bra saat tidur bisa menyebabkan iritasi dan memblokir kerja kelenjar getah bening yang bisa menyebabkan kanker payudara.

Mereka yang mengenakan bra saat tidur beranggapan dapat mencegah payudara menjadi kendur. 

Benarkan Melepas Bra Saat Tidur Bisa Menghindari Risiko Kanker Payudara?

Mengutip dari laman resmi hellosehat.com pada (12/7/2021), direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship Dr. Amber Guth mengatakan belum ada kepastian medis terkait segi manfaat atau risiko baik mengenakan bra saat tidur. 

Sebab tidur mengenakan bra juga bisa membuat kualitas tidur menjadi nyaman namun tidak menjamin adanya manfaat payudara menjadi lebih kencang. 

Berbicara tentang pemakaian bra sampai 12 jam sehari bisa menyebabkan jaringan payudara lemah sehingga payudara menjadi kendur ternyata salah.

Sejatinya perubahan bentuk payudara bisa disebabkan karena adanya faktor kehamilan, menyusui, berat badan dan faktor usia. 

Risiko terkena kanker payudara lantaran mengenakan bra saat tidur pun ditepis oleh dokter bedah payudara Deborah Axelrod, M.D.

Para peneliti juga meragukan faktor eksternal seperti bra dapat menyebabkan kanker payudara. 

Mana yang Lebih Baik? Pakai atau Tanpa Bra Saat Tidur? 

Jika Beauty memilih tidur memakan bra, sebaiknya memilih bra yang tidak terlalu ketat sehingga sirkulasi darah tak terganggu. Hindari penggunaan model bra yang keras dan kaku ya, Beauty.

Model bra yang menggunakan kawat dipercaya dapat menekan dada ketika posisi telungkup dan menggesek pada kulit yang menyebabkan iritasi. 

Beauty dianjurkan untuk memilih jenis bra yang lembut dan halus supaya tidak menyesakkan saat tidur.

Dengan demikian penggunaan bra saat tidur ini dikembalikan ke masing-masing individu. Sebab hal ini hanya sebatas kenyamanan dan keamanan agar tidur menjadi lebih berkualitas dan nyaman.