Menu

Jangan Anggap Sepele Sakit Tenggorokan Ya Moms, 6 Penyakit Bahaya Ini Ditandai dari Sakit Tenggorokan Lho!

14 Juli 2021 13:40 WIB

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Sakit tenggorokan kerap kali membuat rasa tidak nyaman saat menelan. Sakit tenggorokan memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi Moms sakit tenggorokan ternyata bisa menjadi salah satu gejala dari berbagai penyakit serius. 

Biasanya sakit tenggorokan ditandai dengan rasa gatal, sakit atau iritasi pada tenggorokan. Dan akan sangat menyakitkan ketika menelan. 

Melansir dari laman resmi halodoc.com (14/7/2021), penyebab umum dari sakit tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi virus seperti halnya batuk dan pilek. 

Berikut ini 5 penyakit yang tidak bisa Moms sepelekan dari sakit tenggorokan. Simak dengan baik ya Moms!

1. Radang Amandel 

Radang amandel atau tonsillitis menjadi salah satu penyakit yang memiliki gejala awal dari sakit tenggorokan. Meskipun kerap menerpa pada anak-anak, tidak menutup kemungkinan radang amandel juga bisa menyerang orang dewasa lho Moms. 

2. Radang Pita Suara

Pita suara yang terdapat pada bagian pernafasan juga bisa mengalami peradangan dan sakit tenggorokan menjadi salah satu gejalanya. Pita suara atau laringitis bisa terjadi dengan intensitas ringan hingga parah.

3. Radang Tenggorokan

Faringitis atau akrab dikenal dengan sebutan radang tenggorokan merupakan penyakit yang sama-sama disebabkan dari sakit tenggorokan. Radang tenggorokan terjadi diantara saluran yang menghubungkan hidung dengan mulut atau kerongkongan serta bisa menyerang ke bagian pita suara juga. 

4. Abses Peritonsil

Kondisi ini menyebabkan radang amandel mengeluarkan nanah karena tidak diatasi dengan baik dan sama-sama bermula dari sakit tenggorokan yang tidak ditangani dengan baik. 

5. Infeksi Mononukleosis

Infeksi ini dikenal dengan sebutan demam kelenjar yang gejala awalnya ditandai dengan sakit tenggorokan. Infeksi ini juga terjadi karena adanya infeksi virus Epstein-Barr (EBV) terutama melalui air liur.

6. Corona Virus

Penyakit covid-19 juga bisa ditandai melalui adanya sakit pada tenggorokan. Virus ini menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan dari intesitas yang ringan sampai berat. 

Meskipun terlihat sepele, tetap saja ya Moms sakit tenggorokan tidak dapat dibiarkan begitu saja. Mengingat situasi sekarang ini yang cukup mengkhawatirkan karena adanya pandemi.