Menu

Beauty Konsumsi Lemon Sewajarnya Aja Ya, Kalau Enggak 6 Bahaya Ini Akan Menghantui Kamu

16 Juli 2021 12:10 WIB

Ilustrasi perempuan yang senang mengonsumsi lemon. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dipercayai memiliki banyak khasiat mulai dari kesehatan tubuh dan kecantikan. Hal ini dikarenakan lemon mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin C, potasium, dan serat. 

Sehingga tak salah kalau lemon dijadikan sebagai minuman yang rutin dikonsumsi khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, sebab mampu untuk mencegah dehidrasi, membantu melancarkan pencernaan, dan mampu mendukung menurunkan berat badan. 

Namun, seperti yang sudah kita ketahui ya Beauty, bahwasannya sesuatu hal yang berlebihan itu enggak baik. Mengonsumsi lemon secara berlebihan juga nyatanya tak baik bagi kesehatan. 

Niatnya ingin sehat, malah diserang balik dan menjadi pemicu penyakit.

Berikut 6 efek samping dari lemon yang perlu Beauty perhatikan seperti dilansir dari berbagai sumber (16/7/2021).

1. Menyebabkan atau Memperburuk Sariawan

Banyak orang yang meyakini dengan mengonsumsi lemon bisa meredakan sariawan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Faktanya, sariawan malah akan terasa lebih perih karena mengonsumsi lemon. Bukan cuma itu, mengutip dari laman Web MD, pemicu timbulnya sariawan juga karena terlalu berlebihan dalam mengonsumsi jeruk. 

2. Erosi Gigi

Kandungan asam pada lemon juga ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada gigi yakni terkikisnya enamel gigi lantaran pH lemon yang rendah. Sehingga gigi menjadi lebih sensitif terhadap dingin atau panas. 

3. Memperparah Sakit Lambung

Terlau banyak mengonsumsi lemon diduga dapat mengaktifkan pepsin, enzim dalam lambung yang memecah protein. Akibatnya, Beauty yang sebelumnya sudah memiliki riwayat sakit lambung akan merasakan naiknya asam lambung yang lebih parah.

4. Sering Buang Air Kecil sampai Dehidrasi

Kandungan asam arkobat yang ada pada lemon bisa meningkatkan produksi urin di ginjal yang menyebabkan Beauty menjadi lebih sering pipis. Jika hal ini terus berlangsung juga dapat menyebabkan dehidrasi lho Beauty. Jadi konsumsi lemon sewajarnya aja, ya. 

5. Gangguan Kehamilan

Moms yang sedang hamil sebaiknya berhati-hati dengan buah lemon sebab dapat memengaruhi tumbuh kembang janin dalam rahim. Penyebabnya karena ibu hamil rentang terkena penyakit lantaran sistem kekebalan tubuh yang menurun. Sebaiknya, Moms menghindari konsumsi lemon karena dapat menyebabkan diare bahkan kram perut. 

6. Pemicu Migrain

Lemon yang mengandung antihistamin dan tyramine, keduanya ini merupakan penyebab dari lahirnya migrain atau sakit kepala. 

Nah, bukan berarti Beauty tidak boleh mengonsumsi lemon ya. Lemon tetap boleh dikonsumsi karena kaya akan nutrisi asalkan dikonsumsi dengan takaran yang sesuai dibutuhkan oleh tubuh, ya. 

Artikel Pilihan