Menu

6 Fakta Medis dari Pemilik Golongan Darah O, Si Baik yang Rentan Terkena Berbagai Penyakit! Apa Saja Ya?

19 Juli 2021 15:32 WIB

Ilustrasi golongan darah O. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Seperti yang kita ketahui, di dunia ini terdapat empat jenis golongan darah. Diantaranya golongan darah A, B, AB, dan O. Dipercayai golongan darah juga bisa menggambarkan kesehatan, kepribadian, sampai risiko penyakit yang akan ditemui. 

Dari keempat golongan tersebut, golongan darah O dianggap sebagai golongan darah yang spesial karena ia berbaik hati bisa mendonorkan darahnya ke golongan darah mana pun. 

Bagi Beauty yang bergolongan darah O, ada baiknya menyimak 6 fakta medis terkait golongan darah O melansir dari berbagai sumber (19/7/2021). Berikut di antaranya. 

1. Pendonor Universal tapi Hanya Bisa Menerima dari Sesama

Sudah menjadi rahasia umum kalau golongan darah O bisa didonorkan ke golongan darah mana pun. Namun, ternyata masih ada kekeliruan perihal hal ini. Mengingat golongan darah juga memiliki rhesus, golongan darah O rhesus negatif (O-) sebenarnya hanya bisa mendonorkan darahnya pada golongan yang memiliki rhesus yang sama. 

Hal ini karena O- memiliki antibodi yang dapat memicu penolakan pada tubuh penerima donor. Meskipun begitu jika dalam kondisi darurat, golongan darah O- diperbolehkan untuk menjalankan tranfusi, khususnya bagi bayi yang kekurangan kekebalan tubuh. 

Tak cukup sampai disitu, faktanya golongan darah O hanya bisa menerima dari golongan yang sama. Tapi ada pengecualian bagi O- yang hanya bisa mendapat transfusi sesama rhesus negatif.

2. Risiko Terkena Penyakit Jantung yang Rendah

Sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health mengatakan, orang yang bergolongan darah O memiliki risiko 23% lebih rendah dari golongan darah lain terkait masalah jantung. Kendati demikian, tetap saja golongan darah mana pun perlu untuk selalu menjaga kesehatan jantung dengan gaya dan pola hidup yang sehat. 

3. Kepribadian yang Luar Biasa 

Orang Jepang sangat mempercayai teori personality berdasarkan golongan darah. Mereka menganggap orang yang bergolongan darah O memiliki sifat dermawan, bergairah, mudah bergaul, dan sukses secara finansial. 

4. Rentan Terkena Penyakit Lain

Meskipun golongan darah O memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung. Terdapat teori tertentu yang mengatakan orang bergolongan darah O lebih rentan terhadap beberapa infeksi bakteri dan virus dibandingkan golongan darah yang lain.

5. Masalah Kesuburan Wanita

Menurut studi dari Albert Einstein College of Medicine mengatakan, rata-rata wanita yang bergolongan darah O memiliki cadangan jumlah sel telur yang rendah. Hal ini dipengaruhi kadar hormon perangsang folikel yang lebih banyak dari golongan lainnya. 

Beauty yang bergolongan darah O sebaiknya lebih memerhatikan kesehatan kualitas sel telur, ya, dengan gaya hidup sehat serta olahraga yang rutin. 

6. Memerlukan Lebih Banyak Protein

Meskipun rendahnya kandungan protein dalam golongan darah O bisa membuatnya terhindar dari pembekuan darah, jika berbicara doal diet orang dengan golongan darah O harus lebih memerhatikan makanan yang lebih kaya akan protein dan sayuran yang tinggi. Hal ini juga berhubungan dengan masalah perut yang dapat dengan mudah menyerang orang dengan golongan darah O. 

Sebaiknya Beauty yang ingin diet dan bergolongan darah O mengurangi konsumsi susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Semoga membantu dan bermanfaat, ya, Beauty!