Menu

Waspada! 5 Makanan Ini Gak Boleh Dipanaskan, Bisa Memicu Penyakit Berbahaya Lho!

04 Agustus 2021 08:15 WIB

Ilustrasi menggunakan microwave (Freepik)

HerStory, Jakarta —

Memanaskan makanan memang praktis dan juga bisa menghemat waktu. Jadi, banyak orang yang memilih untuk memanaskan supaya cepat dan enggak banyak memakan waktu.

Sayangnya, proses memanaskan makanan bisa menghilangkan berbagai nutrisi, bahkan dapat memicu munculnya zat beracun dari makanan. Lantas, makanan apa saja yang enggak boleh dipanaskan?

Mengutip dari beberapa sumber (4/8/2021), berikut ini makanan yang sebaiknya enggak dipanaskan ulang. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Nasi

Nasi menjadi salah satu makanan yang sebaiknya enggak dipanaskan ulang. Melansir dari jurnal Toxins, nasi mengandung bakteri Bacillus cereus yang sering menjadi penyebab keracunan makanan.

Sebaiknya, kamu menyajikan dan mengonsumsi segera nasi setelah dimasak. Kalau enggak memungkinkan, kamu bisa simpan nasi di suhu ruang selama 1 jam atau di lemari es enggak lebih dari sehari. Kamu enggak dianjurkan untuk memanaskan nasi lebih dari sekali.

Minyak

Minyak menjadi salah satu bahan memasak makanan yang enggak boleh dipanaskan atau dipakai ulang karena dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Menggunakan ulang minyak jelantah dapat meningkatkan risiko pembentukan aldehida. Aldehida itu sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit degeneratif lainnya. 

Sayuran

Sayuran juga menjadi makanan yang enggak boleh dipanaskan ulang karena mengandung nitrat di dalamnya. Senyawa nitrat dapat berubah menjadi zat karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan kalau dipanaskan ulang.

Beberapa jenis sayuran yang enggak boleh dipanaskan karena kandungan nitratnya tinggi, seperti bayam, seledri, lobak, selada, buah dan akar bit, wortel, dan kentang.

Daging olahan

Daging olahan, seperti sosis dan daging asap memiliki kandungan protein dan sodium nitrit yang tinggi. Kalau dipanaskan, kedua kandungan tersebut berubah menjadi nitrosamin.

Nitrosamin merupakan senyawa berbahaya yang terbentuk dari hasil pemanasan berlebihan senyawa nitrat atau nitrit dari makanan. Senyawa tersebut juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng juga enggak boleh dipanaskan ulang karena masih memiliki kandungan minyak di dalamnya. Jadi, kalau dipanaskan dapat memicu penyakit degeneratif.

Selain itu, makanan yang digoreng dan dipanaskan kembali dengan cara digoreng ulang dapat meningkatkan risiko kolesterol dan obesitas.

Nah, itulah beberapa makanan yang enggak boleh dipanaskan ulang karena bisa memicu berbagai penyakit berbahaya. Waspada, ya!