Menu

Sederet Manfaat Menggendong Bayi yang Luar Biasa, Belum Banyak Diketahui Nih Moms!

05 Agustus 2021 11:30 WIB

Bayi meminum susu. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bayi suka digendong, terutama saat usianya masih kecil. Hal ini disebabkan karena dunia adalah tempat yang unik dan baru baginya sehingga butuh dekapan dari orang tuanya.

Tak ada yang salah dengan menggendong bayi selama tahun pertamnyaa. Pasalnya menggendong bayi dapat membantu mereka tetap hangat dan nyaman.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa terlalu sering menggendong maka bayi akan bau tangan. Itu berarti bayi tak akan mau lepas dari orang tuanya. Tapi, sebenarnya hal itu bisa diatasi dan bisa berhenti dengan sendirinya.

Para ahli percaya bahwa sering menggendong bayi, terutama ketika mereka membutuhkan kenyamanan, itu tak akan membuat mereka menjadi manja. Kebanyakan bayi menangis dan ingin digendong karena memiliki kebutuhan tertentu yang hanya dapat dipenuhi oleh orang tua.  Dalam kebanyakan kasus, bayi akan berhenti meminta digendong begitu kebutuhannya terpenuhi.

Lantas Sebenarnya Apa Keuntungan Menggendong Bayi?

Menggendong bayi, terutama bayi yang baru lahir, dapat memberikan manfaat berikut untuk orang tua dan si kecil:

1. Memeluk dan melakukan kontak fisik (kulit) dengan orang tua dapat membantu bayi yang baru lahir mengatur suhu tubuh, detak jantung, dan pernapasannya.

2. Dapat menenangkan bayi yang cemas dan rewel, mengurangi tekanan emosional apa pun.

3. Beberapa bayi mungkin tidur lebih nyenyak jika digendong sebelum tidur.

4. Bayi yang kurang sehat bisa mulai membaik saat digendong, seperti saat mengalami kolik, karena suatu penyakit.

5. Ini dapat membantu membuat rasa sakit kronis, seperti sakit gigi, dapat ditoleransi untuk bayi.

6. Ini bisa membantu membangun ikatan orang tua-bayi yang sehat di mana bayi segera menjangkau orang tua ketika mengalami ketidaknyamanan.

7. Penelitian menunjukkan bahwa digendong dan dipeluk dapat memiliki nilai terapeutik karena dapat merangsang perkembangan otak dan tubuh pada beberapa bayi.

8. Para ibu mungkin menyadari bahwa mereka dapat menyusui dengan lebih baik jika mereka sering menggendong bayi yang baru lahir.

9. Memeluk bayi dapat membantu ibu rileks, dan dapat meningkatkan pemulihan pascapersalinan.

10. Menggendong bayi bisa menjadi cara yang bagus bagi ayah, saudara kandung, dan anggota keluarga lainnya untuk menjalin ikatan dengan bayi.