Menu

Hati-hati, Positif Covid-19 dengan Komorbid Diabetes Lebih Berbahaya! Begini Cara Isoman yang Benar Kata Dokter…

05 Agustus 2021 18:45 WIB

Ilustrasi wanita sedang sakit. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Setiap hari kasus pasien terpapar Covid-19 terus bertambah. Pasien dengan gejala berat bisa mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala disarankan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah dengan selalu mengecek dan memerhatikan kondisi kesehatan.

Ada beberapa makanan bergizi yang harus dikonsumsi oleh pasien isoman agar kondisinya semakin membaik. Hal tersebut dipaparkan oleh Spesialis Penyakit Dalam dr. Lucrezia Renata, Sp. PD.

Menurutnya, pasien isoman harus mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran, karbohidrat, daging, dan juga ikan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Selain air putih, susu juga bisa dikonsumsi oleh pasien isoman.

“Hindari minuman beralkohol dan makanan, seperti gorengan atau makanan berlemak,” kata dr. Lucrezia saat diwawancarai HerStory.co.id.

Dokter Lucrezia juga menjelaskan tentang pasien isoman Covid-19 yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid diabetes. Pasien dengan komorbid diabetes juga harus konsumsi makanan yang bergizi, sehingga penyembuhannya optimal.

Pasien isoman dengan komorbid diabetes juga diperbolehkan melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Namun, jangan melakukan olahraga yang berat, ya.

“Yang disarankan adalah aktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti yoga dan senam aerobik,” papar dr. Lucrezia.

Selanjutnya, dr. Lucrezia menjelaskan bahwa pasien isoman Covid-19 dengan komorbid diabetes disarankan untuk memiliki alat periksa gula darah agar diabetes dapat terkendali.

“Pasien isoman dengan komorbid diabetes juga disarankan memiliki alat periksa gula darah sendiri di rumah sehingga kendali gula darah dapat dicapai dengan baik,” jelas dr.Lucrezia.

Dokter Lucrezia juga memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Banyak minum air putih, makan dengan gizi seimbang, istirahat cukup, aktivitas fisik cukup, hindari kerumunan, jangan lupa divaksinasi, jaga jarak, mengurangi mobilitas, mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker dengan benar,” tuturnya.