Menu

Tak Cuma Anosmia, Ageusia Merupakan Gejala COVID-19 yang Harus Diwaspadai! Apa Itu?

06 Agustus 2021 17:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang tak bisa merasakan makanan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Kita kerap menjadikan anosmia atau kehilangan indera penciuman sebagai gejala pasti terpapar COVID-19. Ternyata, masih ada ageusia yang musti diwaspadai sebagai gejala COVID-19.

Ageusia merupakan kondisi kehilangan indera pengecap atau perasa secara total baik itu makanan dan minuman. Akibatnya, seseorang tak dapat mengenali makanan berujung kekurangan nutrisi sebab nafsu makan yang menghilang. 

Peneliti mengatakan ageusia dapat muncul empat hari setelah seseorang terpapar COVID-19 disertai gejala infeksi lainnya seperti demam, batuk, dan sakit kepala. 

Penyebab Ageusia

Melansir dari laman alodokter.com, Ageusia dapat menyerang seseorang yang kekurangan asupan zink, diabetes, penyakit Crohn, atau hipotiroidisme. 

Jika pada COVID-19, diduga virus corona menyerang indera pengecap dengan cara mengingkatkan dirinya pada ACE2 (angiotensin converting enzyme 2) dan merusak sel pengecap rasa pada lidah yang mampu mengenali berbagai jenis rasa. 

Tak cuma menyerang melalui mulut, pasien COVID-19 yang mengalami anosmia pun memiliki risiko terkena ageusia. Lantaran virus corona masuk melalui rongga hidung. 

Ageusia biasanya mereda dalam kurun watu 7-21 hari. Namun tak menutup kemungkinan setelah pasien dinyatakan negatif pun ia masih akan mengalami ageusia.

Dampak Ageusia

Seseorang yang mengalami ageusia terkadang dapat membuatnya kehilangan nafsu makan sehingga nutrisi dalam tubuh pun tak tercukupi. Sebagaimana kita tahu, pasien COVID-19 dalam proses penyembuhannya harus bisa membangun imunitas tubuh yang baik. 

Bukan cuman itu, pasien memiliki risiko mengalami keracunan akibat tak dapat mengenali makanan yang masih layak konsumsi atau karena sudah terkontaminasi kuman secara tak sengaja. 

Sehingga, bagi pasien COVID-19 jika akan mengonsumsi makanan kemasan sebaiknya segera menghabiskan makanan tersebut. Atau segera menaruhnya ke dalam lemari es dan memerhatikan tanggal produksi serta kadaluwarsanya. Tak lupa menyimpan makanan yang mudah terkontaminasi seperti daging dan ikan secara terpisah di freezer

Meski tak terlalu berbahaya, kehilangan indera pengecap sampai kehilangan nafsu makan merupakan hal yang perlu diwaspadai. Hal tersebut dapat berakibat fatal seperti malnutrisi dan kehilangan berat badan. 

Jika Beauty merasa gejala ageusia, segera lakukan konsultasi ke dokter, ya! Semoga bermanfaat.