Menu

Catat! 5 Tips Menjaga Kolesterol Agar Terhindar dari Penyakit Jantung dan Stroke

09 Agustus 2021 11:00 WIB

Ilustrasi seorang wanita terkena serangan jantung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Kolesterol selalu dijadikan sebagai momok penyebab datangnya penyakit kronis seperti jantung dan stroke. 

Namun, sejatinya tubuh tetap membutuhkan kolesterol agar berfungsi dengan baik. Kendati begitu tetap saja tubuh memerlukan kebutuhan kolesterol yang sesuai. 

Normalnya, tubuh membutuhkan kolesterol kurang dari 200. Lebih dari angka itu menunjukkan potensi sedang hingga tinggi yang buruk bagi kesehatan. 

Kadar kolesterol akan semakin meningkat sesuai dengan usia seseorang. Maka dari itu, penting untuk selalu memeriksakan kadar kolesterol sejak usia 20 tahun setiap 4-6 tahun sekali. 

Pola dan gaya hidup sehat menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. 

Berikut ini 5 tips menjaga kadar kolesterol agar terhindar dari penyakit kronis seperti dilansir dari laman KlikDokter (9/8/2021).

Konsumsi Makanan Rendah Kolesterol

Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti yang dapat ditemukan pada gorengan, daging merah, dan produk olahan susu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Makan Makanan Tinggi Asam Lemak Omega-3

Pilih makanan yang mengandung tinggi asam lemak omega-3 baik bagi kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 ini dapat ditemukan pada salmon, ikan herring, dan walnut.

Makanan Tinggi Serat

Dengan mengonsumsi serat dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Sehingga, mengonsumsi makanan tinggi serat sangat baik bagi penderita kolesterol. Serat yang direkomendasikan ini ialah serat larut yang dapat dijumpai pada oatmeal, apel, pir, dan kacang merah. 

Olahraga Secara Rutin

Tak dapat dipungkiri, penting untuk mengimbangi hidup sehat dengan olahraga selain dengan menjaga asupan makanan dalam tubuh. Olaharag secara rutin minimal 20-30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol baik bagi tubuh. 

Tak Merokok dan Minum Alkohol

Sudah menjadi bahasan sehari-hari, bahwasannya merokok dan alkohol merupakan sesuatu yang tak baik dan bisa menganggu kesehatan tubuh. Dengan tak merokok dan minum alkohol, kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat. Lain hal jika mengonsumsi keduanya justru dapat meningkatkan kolestero jahat yang bisa mengundang penyakit dalam tubuh. 

Menerapkan pola dan gaya hidup sejak dini merupakan hal penting yang harus dilakukan. Demi kesehatan tubuh sampai di masa yang akan datang agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Semoga bermanfaat, ya! 

Artikel Pilihan