Menu

7 Manfaat Labu Siam, Salah Satunya Baik untuk Penderita Hipertensi

09 Agustus 2021 18:00 WIB

Labu Siam. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Labu siam merupakan salah satu sayuran yang dapat dengan mudah ditemui. Labu siam ternyata memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. 

Meskipun labu siam memiliki getah yang cukup banyak, labu siam dapat dikonsumsi baik dengan kulitnya atau pun dikupas terlebih dulu. Selain mudah ditemukan, labu siam juga mudah untuk diolah bisa diolah menjadi sayur bening, ditumis, atau dimasak bersama sayur asam. 

Labu siam ternyata kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh dan kerap dijadikan menu diet karena labu siam rendah kalori serta tak mengandung lemak jenuh. 

Kandungan nutrisi yang ada pada labu siam diantaranya karbohidrat, serat, protein, serat, vitamin, mineral, asam folat, dan antioksidan. 

Karena mengandung tak mengandung lemak jenuh dan rendah kalori, labu siam kerap direkomendasikan sebagai makanan baik bagi yang ingin menurunkan kolesterol dan berat badan. 

Berikut ini 7 manfaat labu siam yang salah satunya baik bagi penderita hipertensi, melansir dari laman hellosehat.com (9/8/2021).

1. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tentunya memerlukan asupan nutrisi yang lebih demi kesehatan diri dan janin dalam kandungan salah satunya dari folat (vit B9) yang terkandung dalam labu siam.

2. Kolesterol Terjaga

Labu siam yang rendah kalori dan tak mengandung lemak jenuh ini mampu menjaga kolesterol dengan baik agar kadar kolesterol berada dibatas normal.

3. Tekanan Darah Terkontrol

Sifat diuretik yang ringan pada labu siam ternyata mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Labu siam dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan mengurangi tekanan darah. 

4. Mengatasi Anemia

Labu siam yang kaya akan nutrisi ternyata mengandung zat besi yang baik untuk mengatasi anemia mengingat pemicu anemia salah satunya adalah kekurangan zat besi. Zat besi yang terkandung dalam labu siam bisa membantu hemoglobin mengikat oksigen. 

5. Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, labu siam juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada sel dalam tubuh. 

6. Melawan Kanker

Tak cuma menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, labu siam juga mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik. 

7. Baik untuk Kesehatan Hati

Sayuran hijau yang bergetah ini juga ternyata baik untuk merawat kesehatan hati. Labu siam ternyata merupakan makanan sehat yang bisa menjaga dan menyembuhkan lemak hati. 

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi sayuran ya, Beauty!

Artikel Pilihan