Menu

5 Cara Menangani Si Kecil yang Terkena Eksim, Catat Baik-baik Ya Moms!

12 Agustus 2021 20:00 WIB

Bayi yang mengalami eksim. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Si kecil yang mengalami eksim atau masalah pada kulit tentunya bisa membuat Moms cemas dan khawatir. Kendati begitu, eksim yang dialami si kecil bisa sembuh dengan sendirinya. 

Eksim merupakan kondisi alergi yang dialami kulit dan bisa menyebabkan kemerahan dan rasa gatal pada kulit. Bagi bayi, eksim merupakan kondisi yang normal kok, Moms. 

Seiring dengan pertambahan usianya, eksim yang dialami si kecil juga akan sembuh dengan sendirinya. Namun, tentunya eksim juga dapat menganggu kenyamana si kecil dan membuat Moms merasa cukup cemas. 

Nah, ternyata eksim pada anak dapat Moms berikan pertolongan pertama di rumah yang mudah untuk dilakukan, seperti dilansir dari laman ibudanbalita.com (12/8/2021). Dicatat baik-baik ya, Moms!

1. Menggunakan Air Hangat saat Mandi

Air hangat ternyata dapat membantu menangani eksim yang dialami si kecil. Moms bisa memandikan si kecil dengan air hangat selama 10-15 menit. Tapi, Moms juga jangan terlalu lama memandikan si kecil karena justru dapat memicu kulitnya semakin kering. 

2. Menggunakan Pelembap

Tak cuma sabun dan sampo yang harus digunakan khusus bagi bayi, bayi juga apalagi yang mengalami eksim diperbolehkan untuk menggunakan pelembap. Setelah tubuh si kecil kering seusai mandi, Moms bisa mengoleskan pelembap pada area yang terkena eksim agar kulitnya tak kering.

3. Menggunakan Pakaian yang Lembut dan Nyaman

Mengingat kulitnya yang masih sangat sensitif apalagi jika si kecil tengah eksim, penting untuk selalu memberikan pakaian yang lembut dan nyaman bagi si kecil. Moms dapat mengenakan pakaian untuk si kecil yang memiliki bahan muda menyerap keringat seperti katun dan tak terlalu tebal. Hindari menggunakan si kecil pakaian yang ketat dan berlapis-lapis karena akan meningkatkan produksi keringat dan bisa menyebabkan iritasi. 

4. Kenali Faktor Pemicu Eksim

Biasanya eksim juga datang karena dipicu produk atau alergi tertentu yang tak cuma karena keringat berlebih akibat pakaian. Maka dari itu, Moms harus bisa mengenali dan menghindari sesuatu hal yang bisa menjadi trigger eksim pada si kecil. Jika Moms kesulitan untuk mengetahui faktor penyebabnya, Moms bisa langsung melakukan konsultasi ke dokter spesialis, ya. 

5. Jaga Si Kecil Agar Tak Menggaruk Eksim

Eksim tentunya akan memberikan rasa gatal yang membuat si kecil tak nyaman. Untuk menghindari si kecil menggaruk yang bisa membuat eksim menjadi parah, Moms harus rutin memotong kuku si kecil karena kuku panjang bisa menyebabkan luka pada eksim yang digaruk. 

Penting untuk diingat, jika eksim semakin parah dengan timbulnya bengkak dan bernanah, segera bawa si kecil untuk mendapatkan penanganan dari dokter ya, Moms. Semoga membantu!

Artikel Pilihan