Menu

Harus Tahu! Ini 6 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi, Waspada Ya!

24 Agustus 2021 08:30 WIB

Mengonsumsi junk food. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan akumulasi kolesterol berbahaya dan endapan lain di dinding arteri. Penumpukan tersebut dapat menghambat aliran darah dan dapat menyebabkan komplikasi.

Kadar kolesterol dapat dikatakan tinggi jika terdapat terlalu banyak kolesterol jahat atau LDL di dalam darah. Kondisi ini bisa menjadi semakin parah apabila kolesterol baik atau HDL lebih rendah.

Ada beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam darah. Makanan yang mengandung saturated dan trans fat sudah terbukti menyebabkan kolesterol tinggi.

Melansir dari berbagai sumber (24/8/2021), berikut ini makanan-makanan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Semua jenis roti

Semua jenis roti, biskuit, dan cookies sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Jenis makanan ini mengandung saturated fat.

Gorengan

Gorengan juga menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari. Makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur atau margarin mengandung trans fat.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji bukanlah makanan yang sehat. Makanan cepat saji sangat kaya akan trans fat. Selain itu, makanan cepat saji juga rendah nutrisi.

Popcorn, permen, dan donat

Popcorn, permen, dan donat juga sebaiknya dihindari karena bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Makanan tersebut mengandung trans fat.

Minuman bersoda

Minuman bersoda dan juga es krim mengandung banyak pemanis buatan yang enggak baik untuk tubuh. Minuman bersoda dan es krim bisa memicu munculnya diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Daging olahan

Daging olahan, seperti sosis, bacon, dan hot dog sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, daging olahan sering dikaitkan dengan penyebab berbagai penyakit.

Nah, itulah beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit lainnya.