Menu

7 Hal yang Harus Dijauhkan dari Vagina, Perhatikan Nih Bahaya!

24 Agustus 2021 19:45 WIB

Ilustrasi kesehatan Miss V. (Unsplash/Deon Black)

HerStory, Jakarta —

Vagina adalah bagian yang sangat penting di tubuh wanita. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memastikan kesehatan di bagian organ intim Anda.

Segala cara dilakukan untuk kesehatan vagina, seperti menjaganya agar tetap segar dan bersih. Padahal kenyataannya adalah vagina tak perlu dimanjakan. Hal itu disebabkan karena vagina memiliki keseimbangan yang sehat sehingga tak perlu terlalu sering dibersihkan.

Sebaliknya justru terlalu sering pembersihan dan penyegaran sebenarnya dapat memperburuk keadaan. Nah, dilansir dari laman seventeen (24/8/2021) berikut adalah beberapa produk yang harus dijauhkan dari vagina agar tetap sehat dan bersih:

1. Minyak

Jika Anda khawatir tentang aroma vagina, Anda mungkin pernah membaca tentang pemakaian tampon yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun atau minyak pohon teh. Tetapi, kenyataannya minyak dapat mengganggu ekosistem halus di vagina. Dan sejujurnya, bagu pada vagina adalah normal.

"Vagina memiliki kemampuan luar biasa untuk merawat dirinya sendiri," kata Jenny K. Francis, MD, asisten profesor pediatri dan spesialis kedokteran remaja di Columbia University Medical Center di Morgan Stanley Children's New York Presbyterian Hospital.

Jika Anda masih khawatir terkait bau dari vagina, bisa konsultasi dengan dokter.

2. Sabun organ intim

Jangan pernah menggunakan sabun hingga ke dalam vagina. Hal ini bisa menyebabkan vagina infeksi dan iritasi. Ketika ini terjadi lebih mungkin untuk meningkatkan risiko penyakit berbahaya.

"Tidak perlu digosok di bagian dalam," kata Dr. Francis.

3. Douche

Vagina adalah rumah bagi bakteri baik yang membantu mencegah bakteri jahat mengambil alih tempat tersebut. Douching tak hanya menghilangkan bakteri baik itu, tetapi juga merusak keseimbangan alami.

"Ketika Anda melakukan douche, pH dapat berubah di dalam vagina, yang biasanya merupakan lingkungan yang sangat asam," kata Dr. Francis.

"Itu dapat mempengaruhi Anda untuk mendapatkan infeksi vagina seperti vaginosis bakteri atau infeksi jamur," tambahnya lagi.

4. Krim Penghilang Bulu

Penggunaan alat cukur untuk bulu di kemaluan tentu akan menimbulkan rasa kurang nyaman, apalagi jika mengalami luka. Oleh sebab itu, ada beberapa orang yang memilih untuk menggunakan krim penghilang bulu.

Namun, ternyata produk ini sangat berbahaya untuk kesehatan Miss V lho. krim penghilang rambut umumnya aman untuk garis bikini Anda, selama Anda memilih krim yang diformulasikan untuk kulit sensitif dan melakukan uji tempel untuk memeriksa kemerahan atau pembengkakan

5. Uap

Uap herbal jadi salah satu cara yang diklaim bisa menyehatkan bagian intim.Padahal uap vagina tak begitu berguna dan sebaiknya tak perlu dilakukan.

Selain risiko panas yang menakutkan, ada fakta sederhana bahwa vagina Anda bukanlah pakaian yang kusut dan tak harus dibersihkan dengan uap.

"Saya akan menyarankan untuk tidak melakukannya. Jika Anda mengalami masalah, itu mungkin karena Anda memberi terlalu banyak perhatian pada vagina Anda," kata Dr. Francis.