Menu

4 Manfaat Cabut Gigi Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Gangguan Sinus!

26 Agustus 2021 09:00 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang akan mendapatkan tindakan cabut gigi, (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Mencabut gigi kerap menjadi sebuah ketakutan besar bagi sebagian orang. Padahal sejatinya mencabut gigi tak semenyeramkan yang banyak diceritakan orang-orang. 

Gigi yang sudah mengalami kerusakan seperti berlubang dan meninggalkan jejak hitam menandakan gigi sudah membusuk dan harus segera diambil tindakan cabut gigi. Demi kesehatan dan tak menimbulkan masalah komplikasi lain akibat gigi yang dibiarkan rusak.

Proses pencabutan gigi akan diawali dengan melakukan suntik bius terlebih dulu dan baru akan diambil tindakan pencabutan jika antestesi sudah bekerja. Memang, ada beberapa kasus yang harus melakukan pemotongan gusi agar proses pencabutan dapat dilakukan dengan baik. 

Nah melansir dari laman alodokter.com (26/8/2021), 4 hal ini penting untuk Beauty ketahui jika akan mencabut gigi.

Berikut ini manfaat yang akan Beauty dapatkan setelah mencabut gigi yang tak cuma bebas dari rasa sakit gigi.

1. Menangkal Masalah Akibat Gigi Bungsu

Gigi geraham bungsu umumnya akan tumbuh mulai dari usia 20-an. Mengingat pada usia itu struktur gigi sudah komplit membuat gigi geraham bungsu yang tumbuh menggeser gigi-gigi yang lain dan menimbulkan rasa sakit. 

Tak cuma itu, geraham bungsu yang hanya muncul sebagian dapat menjadi lahan berkembang biaknya bakteri yang dapat mengakibatkan berbagai permasalahan gigi seperti karies gigi, abses, dan gingivitis. Sehingga alangkah baiknya untuk melakukan tindakan cabut gigi agar berbagai masalah itu dapat dihindari. 

2. Mencegah Infeksi 

Gigi yang sudah tak dapat diobati seperti dengan penggunaan antibiotik dan root canal therapy menunjukkan kalau gigi sudah rusak dan busuk. Yang akhirnya perlu mendapatkan tindakan cabut gigi demi mencegah risiko infeksi. Terlebih jika sedang dalam kondisi medis tertentu yang membuat kekebalan tubuh semakin melemah.

3. Meredakan Rasa Sakit

Gigi yang bermasalah tentunya dapat menyajikan rasa sakit dan tak nyaman. Kerusakan gigi dapat berupa gigi berlubang, infeksi gusi, dan gigi yang patah. Jika rasa sakit terus berlanjut, itu menandakan gigi lebih baik untuk dicabut demi tak meninggalkan rasa sakit terus menerus. 

4. Mencegah Gangguan Sinus

Mencabut gigi ternyata tak menyelamatkan diri dari masalah rongga mulut saja. Melainkan dapat mencegah gangguan pada sinus, mengingat gigi juga memiliki akses untuk memicu terjadinya masalah sinus. Jika gigi yang bermasalah sudah dicabut, setidaknya sakit kepala dan hidung tersumbat akibat sinus dapat terhindar. 

Gimana Beauty? Jadi semakin yakin kan untuk cabut gigi? Gak perlu khawatir, selagi pencabutan gigi ditangani oleh ahli berbagai komplikasi dapat diatasi dengan baik. Semoga bermanfaat, ya!