Menu

Penderita Diabetes Merapat! Kayu Manis Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Lho! Mau Coba?

30 Agustus 2021 09:30 WIB

Kayu manis. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak penderita diabetes yang memaanfaatkan obat herbal untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat penyembuhan.

Namun, ternyata kayu manis juga disebut sebagai salah satu herbal untuk mengatasi penyakit diabetes, lho. Apa kamu sudah tahu?

Selain sebagai bumbu dapur, manfaat kayu manis untuk kesehatan memang banyak digunakan. Dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, melPaawan bakteri, dan mengurangi kadar gula dalam darah.

Melansir dari berbagai sumber (30/8/2021), berikut ini adalah beberapa manfaat kayu manis untuk penderita diabetes. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Meniru efek insulin

Produksi insulin para penderita diabetes berkurang atau tubuh sudah enggak merespons insulin. Insulin yang harusnya mengubah gula darah menjadi energi enggak bisa bekerja dengan sempurna. Akibatnya, kadar gula darah menjadi tinggi.

Nah, kayu manis disebut dapat meniru cara kerja insulin. Menurut penelitian, kayu manis dapat meningkatkan perpindahan glukosa ke dalam sel. 

Menurukan kadar gula darah puasa dan HbA1C

Kayu manis juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1C. HbA1C merupakan pemeriksaan gula darah untuk mengetahui kadarnya selama 3 bulan ke belakang. 

Menurut penelitian, mengonsumsi kayu manis dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, kayu manis juga mampu menurunkan kadar HbA1C.

Menurunkan gula darah setelah makan

Kadar gula darah bisa naik secara drastis, apalagi setelah makan. Tinggi rendahnya tergantung dengan apa yang kamu konsumsi.

Nah, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis dapat menekan lonjakan gula darah setelah makan. Hal ini dapat membantu kadar gula darah tetap stabil.

Menurunkan risiko komplikasi diabetes

Orang dengan diabetes memiliki dua kali risiko penyakit jantung dibandingkan orang tanpa diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menekan komplikasi diabetes.

Studi tersebut mengatakan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kayu manis diketahui mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserid.

Nah, itulah beberapa manfaat yang ada di dalam kayu manis. Mau coba?

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita