Menu

Terlihat Sepele, Ini Manfaat Senam Bagi Kesehatan Jantung

30 Agustus 2021 10:45 WIB

Gerakan untuk memperbesar payudara (mybeautygym/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Tahu enggak Moms, salah satu langkah jitu untu menjaga kesehatan jantung itu adalah dengan aktif bergerak lho. Jadi, kita enggak boleh nih terus-terusan "mager" alias malas bergerak. 

Moms bisa lho rutin menjalankan olahraga, seperti senam jantung sehat. Memang terlihat sepele, tapi senam jantung sehat ini memiliki banyak manfaat.

Kira-kira apa saja ya manfaat yang didapat dari mengikuti senam jantung sehat? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, dilansir dari Hellosehat.com, Senin (30/8).

Manfaat Senam Jantung Sehat

Penyakit jantung masuk dalam daftar penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia. Ini dimulai dari serangan jantung, penyakit jantung koroner, gagal jantung hingga henti jantung. Semua penyakit tersebut sangat erat kaitannya dengan penerapan gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah malas bergerak.

Namun, Moms bisa cegah penyakit jantung dengan rutin berolahraga. Ini juga tetap berlaku pada orang yang memiliki penyakit jantung lho. Hal tersebut dikarenakan rutin berolahraga justru dapat menekan munculnya gejala penyakit jantung, seperti nyeri dada maupun sesak napas.

Senam jantung sehat pun bisa jadi pilihan para penderita jantung. Senam ini disusun dengan beragam gerakan yang memberikan manfaat pada jantung. Mulai dari memperkuat otot jantung, mencegah kerusakan pada pembuluh arteri akibat kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga berat badan tetap terkendali.

Gerakan Senam Jantung Sehat yang Bisa Dilakukan di Rumah

1. Gerakan lateral shuffle

Gerakan lateral shuffle memberikan manfaat untuk meningkatkan detak jantung dan meningkatkan koordinasi tubuh ke sisi kanan dan kiri. Untuk mempraktekan gerakannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

- Berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Kemudian, condongkan tubuh sedikit ke depan dengan mengangkat kedua tangan ke depan dada.

- Angkat satu kaki kanan ke sisi kanan dan rapatkan.

- Kemudian, pindah ke arah sebaliknya dengan gerakan yang sama.

- Lakukan gerakan senam jantung sehat ini sebanyak 8-10 kali (1 set) dan ulangi sebanyak 2 set.

2. Gerakan jalan di tempat

Gerakan jalan di tempat ini disebut juga dengan high knee, karena Anda harus mengangkat kaki setinggi pinggang. Untuk mencoba gerakan ini, Anda ikuti langkah-langkahnya berikut, seperti:

- Berdirilah dengan kaki rapat dan letakan lengan tangan di samping tubuh.

- Kemudian, angkat satu lutut ke arah dada diikuti dengan mengangkat tangan ke depan dada. Jika Anda mengangkat kaki kiri, maka tangan kanan yang harus diangkat dan begitu sebaliknya.

- Lalu turunkan kaki ke posisi semula dan lakukan dengan berganti kaki.

- Lakukan gerakan senam jantung sehat ini sebanyak 8-10 kali (1 set) dan ulangi sebanyak 2 set.

3. Gerakan butt kicks

Gerakan butt kicks merupakan gerakan yang bertolak belakang dengan gerakan jalan di tempat (high knee). Ini karena, pada gerakan ini Anda perlu menekuk kaki ke belakang. Untuk mengikuti gerakan ini, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

- Berdirilah dengan kaki rapat dan letakkan lengan tangan Anda di samping tubuh.

- Kemudian, tekuk satu lutut Anda ke belakang mendekati bokong. Iringi dengan mengangkat kedua tangan di depan dada, dengan telapak tangan terbuka dan saling menempel satu sama lain.

- Lakukan gerakan ini berganti kaki, biasanya dilakukan sebanyak 8-10 kali (1 set) dan ulangi sebanyak 2 set.

4. Gerakan standing oblique crunch

Gerakan senam jantun sehat cocok dilakukan untuk pemula karena cukup mudah dilakukan. Biasanya gerakan dilakukan setelah gerakan lateral shuffle. Selain meningkatkan denyut jantung, gerakan senam ini juga membantu meningkatkan fungsi otot inti di sisi tubuh. Anda bisa menerapkan latihan dengan langkah berikut ini:

- Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu. Letakkan tangan Anda di belakang kepala dengan siku mengarah ke luar.

- Kemudian, angkat kaki Anda ke atas dengan arah lutut menyamping. Ketika gerakan ini dilakukan, Anda juga perlu mendekatkan ujung siku ke lutut.

- Setelahnya, kembali ke posisi awal dan lakukan dengan berganti kaki. Biasanya dilakukan sebanyak 8-10 kali (1 set) dan ulangi sebanyak 2 set.

5. Gerakan speed skaters

Gerakan senam jantung sehat ini meniru gerakan tubuh saat Anda berada di atas skater. Untuk menerapkan gerakan ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya:

- Mulailah dengan berdiri dengan kaki selebar bahu.

- Kemudian, silangkan salah satu kaki ke belakang sembari mengayunkan satu tangan ke depan dada. Jika Anda menyilangkan kaki kanan, tangan yang perlu diangkat adalah tangan kiri.

- Lakukan gerakan ini dengan berganti kaki sebanyak 8-10 kali (1 set) atau 2 set sekaligus.

Itulah beberapa gerakan senam yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Semoga bermanfaat, ya Moms!